vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gedung BSSC Dome
vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gedung BSSC Dome

Hingga Akhir Tahun Pemerintah Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Capai 6 Juta

JOGYAKARTA, Inibalikpapan.com – Pemerintah menargetkan hingga akhir tahun 2021, sekitar 6 juta anak usia 6-11 tahun telah divaksin covid-19 sebagai bagian pencegahan varian Omicron.

“Omicron yang sudah diumumkan masuk ke Indonesia. Kita harus kerja keras untuk menjaga jangan sampai menyebar dan menular,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Senin (20/12/2021)

“Karenanya sekarang sudah dimulai [vaksinasi anak], targetnya sampai akhir desember ini sekitar 6 juta sampai akhir tahun,” dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Kemudian di tahun 2022 target sasaran vaksinasi anak 6-11 tahun mencapai 26,5 juta anak. Vaksinasi digelar  secara bertahap di seluruh provinsi

Namun syaratnya kabupaten/kota sudah memenuhi kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen untuk usia diatas 12 tahun dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

“Karenanya jika anak-anak diprotect (dilindungi-red) dengan vaksin, maka sama saja secara tidak langsung [juga melindungi] warga usia lanjut yang di daerah tertentu[capaian vaksinasi] masih rendah,” tandasnya.

Setiap Selasa dan Kamis Digelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Puskesmas Balikpapan

Muhadjir menambahkan, vaksinasi pada anak 6-11 tahun yang merupakan usia Sekolah Dasar (SD) juga membekali kesehatan saat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Orang tua maupun pihak sekolah akan lebih nyaman menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat mengetahui anak-anak mereka terjamin kesehatannya melalui vaksinasi.

Program ini juga mengejar capaian vaksinasi di tingkat nasional. Presiden menargetkan 70 persen penduduk Indonesia bisa segera divaksin lengkap, baik dosis pertama maupun kedua.

“Tapi semua juga tergantung dari ketersediaan vaksin karena yang ada baru sinovac yang sudah mendapatkan Emergency Use Authorization dari BPOM sejak 1 November 2021 kemarin. Mudah-mudahan ada merek vaksin lain yang bisa digunakan untuk anak-anak,” ujarnya

Baca juga ini :  POTRET Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Khsusus PAUD di Balikpapan

Suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.