Akmal Malik / ist

HUT Ke-127 Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim : Terus Tingkatkan Kinerja Pembangunan dan Partisipasi Masyarakat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga usianya yang ke-127 pada 10 Februari 2024, Kota Balikpapan terus berkembang dan maju. Dengan meraih berbagai prestasi.

Hal itu diakui Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam pidatonya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Balikpapan di Halaman Parkir BSCC Dome Balikpapan.

Kota yang terbentuk sejak 10 Februari 1897, menurut Akmal terus mengalami kemajuan signifikan dari tahun ke tahun hingga sekarang daerah ini menjadi Gerbang Kalimantan.

Bertema “Balikpapan Kondusif, Sinergi dan Berkelanjutan”, bagi Akmal akan menyemangati masyarakat Balikpapan untuk senantiasa menjaga kondusifitas, bekerja sama secara sinergis, dan berkontribusi dalam proses pembangunan.

“Bergotong-royong dan kerja bersama mengatasi masalah guna mencapai tujuan, sehingga warga hidup makmur, aman dan damai,” ujarnya dikutip inibalikpapan

Tema ini juga tegas Akmal memperkokoh julukan Balikpapan sebagai Kota Beriman, yaitu Kota yang Bersih, Indah, Aman dan Nyaman yang harus dibangun, dijaga dan dibela.

Karena itu, lanjutnya, sangat layak Kota Balikpapan mendapat penghargaan dan pengakuan sebagai “Kota yang Nyaman dan Layak Huni, Kota Terbersih di Asia Tenggara, Pintu Gerbang Kalimantan dan kota penyangga utama ibu kota negara baru, Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Prestasi dan pencapaian kinerja yang sangat membanggakan harus terus dipertahankan menjadi komitmen Pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaganya,” harapnya. 

“Terus tingkatkan kinerja pembangunan dan partisipasi masyarakat,” pesannya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun mengingatkan tantangan masa depan Balikpapan sebagai kota metropolitan sangat besar. 
.
Khususnya pemindahan ibu kota negara ke Kaltim, di kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. 
.
Akmal yakin Balikpapan sebagai kota terdekat IKN, mampu mengantisipasi masalah krusial seperti banyak migrasi penduduk dari luar, meningkat mobilitas masyarakat dan muncul kerawanan masalah sosial.
.
“Namun kami percaya, dengan semangat gotong-royong Pemerintah dan masyarakat, Kota Balikpapan akan siap menyongsong, mendukung dan menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” tegasnya.
.
Diakhir sambutannya, Akmal mengajak warga Kota Minyak ikut menyukseskan pesta demokrasi Pemilu serentak 2024 di seluruh wilayah Kalimantan Timur, termasuk Kota Balikpapan.
.
“Menjelang pencoblosan 14 Februari, mari kita jaga kondusifitas dan keamanan daerah,” ajaknya. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.