Para pemain menjalani pemusatan latihan di Bali / PSSI

Imbas Kompetisi Dihentikan, Fisik Pemain Timnas Drop

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dihentikannya kompetisi nasional telah berdampak pada kondisi fisik pemain timnas. Sejak 28 November 2022 timnas senior menjalani pemusatan latihan di Bali.

Namun dari pemusatan latihan tersebut diketahui, fisik para pemain drop. Karena tidak adanya pertandingan. Kompetisi nasional dihentikan setelah Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.

“Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur,” ujar fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu dikutip dari laman PSSI.

“Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin. Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain. Memang fisik masih kurang ya, apalagi saat ini persiapan pendek,”

Pelatih asal Korea Selatan itu tengah berupaya mengembalikan kebugaran maupun fisik  para peman. Mengingat laga perdana skuad Garuda akan menjamu Kamboja tanggal 23 Desember mendatang

“Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain. Seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, pemusatan latihan sebelumnya juga sama dengan pemusatan latihan sekarang,” ujarnya.

Kata dia, harusnya kondisi pemain bagus saat bergabung ke timnas. Karena di klub juga menjalani Latihan. Namun karena kompetisi dihentikan, sehingga ada klub juga yang sampai meliburkan pemain.  

“Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina, ”  ujarnya

Senada, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui, kondisi fisik para pemain masih perlu peningkatan. Namun meski begitu, dia berharap pemain pemain harus tetap termotivasi.

“Kita ketahui saat ini kondisi Liga 1 belum bergulir jadi pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai dari 28 November. Memang kondisi tersebut tidak ideal tetapi hal ini harus dijadikan motivasi untuk meraih hasil terbaik di ajang Piala AFF 2022 nanti,” kata Iriawan.

Baca juga ini :  Honor KPPS Minta Disamakan dengan UMK, Tunggu Juknis Kemendagri

“Kami harap pemain tetap fokus, disiplin dan terus berjuang maksimal selama pemusatan latihan di Bali. Apalagi tempat latihan di Bali (Bali United Training Center) lapangannya sangat bagus,” tambahnya.

Pada ajang Piala AFF 2022, Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina dan juara bertahan Thailand.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.