Imlek, Barongsai Satya Dharma Kebanjiran Pesanan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Perayaan Tahun Baru Imlek 2567 di Balikpapan membawa kegembiraan tersendiri bagi grup Barongsai Yayasan Satya Dharma klenteng Pasar Baru.

Kehadiran barongsai cilik Satya Dharma ini memberikan warna tersendiri dalam setiap peringatan hari raya Tahun Baru masyarakat Tionghoa atau tahun baru Imlek.

Pada imlek ini, barongsai cilik ini kebanjiran orderan dari berbagai pusat perbelanjaan di Balikpapan seperti E Walk, Pentacity Mall dan Plaza Balikpapan termasuk juga di rumah-rumah warga Tionghoa.

Pada Senin siang (8/2/2016) barongsai cilik tampil di Plaza Balikpapan. Kehadiran empat Barongsai ini menyedot perhatian ratusan pengunjung yang memadati plaza bukan hanya di lantai dasar tapi juga lantai diatasnya.

Tampil dihadapan publik ini, setidaknya dibutuhkan persiapan enam bulan.
Karena yang terpenting selain kekuatan fisik atau kekuatan kuda-kuda, kemampuan teknik juga sangat dibutuhkan kepaduan atau kekompakan tim.

“Kita banyak pesanan untuk tampil perayaan imlek ini. Tapi persiapan butuh 6 bulan untuk pentas seperti ini,” tutur Muhammad Wahyu salah satu kru barongsai Satya Dharma, (8/2/2016).

Wahyu mengaku sudah lama aktif dalam seni budaya Barongsai ini yakni 15 tahun. Pada momen imlek seperti ini bisa tampil lima kali sehari.

“Hari ini saja saya sudah lima kali tampil di rumah-rumah warga China belum lagi yang di mal,” ucapnya.

Dalam setiap penampilan barongsai di mal sedikitnya ada 4 tim yang berjumlah 8 orang. Namun jumlah pemain seluruhnya 20 orang termasuk tim yang memainkan alat musik secara bergantian. Mereka tampil secara bergantian.

“Kami ada 20 anggota dan empat barongsai yang kami miliki,” sebutnya.

Tak jarang, setiap pentas pengunjung atau tuan rumah yang memanggil pertunjukan memberikan angpou kepada pemain barongsai.
” Angpou itu bonus nanti dikumpulkan bersama- sama,” tambahnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.