KPU Balikpapan saat menggelar konfrensi pers

Ini Teknis Tahapan Pilkada Balikpapan dengan Protokol Kesehatan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pilkada Balikpapan dipastikan akan digelar pada 9 Desember 2020. Tahapannya pun akan dimulai pada 15 JUni 2020 dengan diaktifkannya PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan dan dilantiknya PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Balikpapan, Mega Fariany Ferry mengatakan, nantinya dalam setiap pelaksanaan  tahapan pilkada akan selalu mengedepankan protokol kesehatan covid-19. Sehingga penyelenggaraan pilkada Balikpapan akan sehat dan aman

 “Ada beberapa tekhnis atau mekanisme yang perlu kita perhatikan.Yang jelas setiap tekhnis penyelenggaraan selalu diikuti dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Penyelenggaraan pilkada ini dijanjikan sehat dan aman” ujarnya.

Menurutnya, ada teknis dan mekanisme yang telah diatur dalam penerapann protokol kesehatan, yakni pertama setiap kegiatan dan tahapan pilkad yang dilakukan akan selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan, menggunakan hand sanitizer maupun jaga jarak

“Yang kedua tentang tekhnis pelaksaan yang ketat dengan prokol kesehatan covid-19. Nanti kegiatan kita dalam urusan tatap muka tetap menggunakan protrokol kesehatan,” ujarnya.

“Meskipun berkoordinasi dengan RT petugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) kita akan dilengkapi dengan alat pelindung diri minimal dilengkapi masker,”

Lalu kegiatan yang meibatkan banyak orang diantaranya ketika melantik anggota PPS 34 kelurahan yang rencananya akan digelar pada Senin (15/06), akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. “Yaitu berjarak, kemudian kita lakukan secara bergelombnang,” ujarnya

“Begitupula saat kami akan melaksanakan Bimtek, selalu dengan protokol covid-19 jadi duduknya dengan jaga jarak,”

Lalu ketiga terkait dokumentasi, menyangkut berkas khususnya saat proses pendaftaran pencalonan. “Berkas itu yang akan diserahkan kepada kami juga harus melalui protokol kesehatan. Jadi masuk dalam plastik, kemudian kita sebagai petugas menggunakansarung tangan,” ujarnya

 “Tidak berganti-ganti alat tulisnya dibawa sendirisendiri. Kita punya sendiri-sendiri tidak ada bertugas atau pinjam-pinjaman,”

Baca juga ini :  Belum Ada Kota dan Kabupaten di Kaltim yang Bentuk PIK-PPD

Sementara mengenai rapat pleno terbuka mulai dari tingkat TPS, hingga kabupaten kota akan dilakukan baik dengan tatap muka maupun secara daring. “Kalau pun kita melakukan live, teman-teman media akan melihatnya diruangan yang berbeda,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.