Jalan Amblas Gara-Gara Batubara Terbakar, Warga Swadaya Bangun Jalan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com-Jalan utama amblas warga di RT 56 dan 57 Kelurahan Sepinggan Baru Balikpapan Selatan laksanakan kerja bakti masal perbaikan jalan pada Minggu (21/2/2016) pagi.
Amblasnya jalan tersebut disinyalir akibat terbakarnya batu bara yang sudah berlangsung sekira dua tahun. Ditambah dengan guyuran hujan sehingga tanah mudah amblas.
Selain itu warga juga kerap mengalami sesak nafas karena bau asap batu bara yang muncul dari dalam tanah. Jika musim hujan tiba warga sering terjatuh dari sepeda motor lantaran jalanan licin.
Ketua RT 57 Kelurahan Sepinggan Baru, Ekonius mengatakan perbaikan jalan ini merupakan inisiatif dari warga RT 56 dan 57 menggunakan anggaran swadaya masyarakat.
“Kalau kita tidak perbaiki sendiri, sampai kapan menunggu bantuan dari pemerintah,” ujarnya di lokasi perbaikan jalan.
Eko menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan pemadaman batu baru menggunakan peralatan seadanya. “Sudah berapa kali kami lakukan pemadaman, baik menyemprot dengan air,  kami juga pernah mengeruk titik baranya menggunakan alat berat. Namun tetap saja tidak bisa,” akunya.
Dia berharap kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kondisi infrastruktur di lokasi pinggir kota.
“Kami pernah melapor ke lurah, ya kami harapkan pemerintah dapat lebih memperhatikan jalan yan rusak ini karena ada warga di tiga RT yang melewati jalan ini,” tandasnya.
Lurah Sepinggan Baru, Qomar Setiawan mengapresiasi kegiatan warga yang pedui dengan lingkungan sekitar.
“Itu yang kami harapkan adanya kepedulian dari warga,” katanya.
Dia menambahkan pihaknya akanmelakukan koordinasi dengan pihak BLH dan BPBD Balikpapan terkait batu bara yang terbakar.
“Untuk anggaran memang Pemkot belum bisa menjangkau karena banyaknya RT dan luas wilayah. Besok (Senin,Red) saya akan meninjau langsung lokasi jalan amblas karena terbakarnya batu bara bersama BLH dan BPBD,” katanya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 29 Juli 2020 : Bertambah 27 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 17 Pedagang Pasar Rapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.