Kasdam VI/Mulawarman Ikuti Vicon Rapat Paripurna TMMD

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pangdam VI/Mlw yang diwakili Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI T.N Hartanta, S.Sos. menghadiri undangan Rapat Paripurna (Rapurna) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-41 Tahun 2020 secara virtual di Aula Makodam VI/Mulawarman, Senin (30/11/2020).

Kegiatan Vidio Telecoference ini dibuka secara terpusat oleh Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto, M.S.c.dengan Thema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” Langsung dari Markas Besar TNI-AD Jakarta, yang di ikuti oleh para Kasdam, Danrem, Kapendam, Para Dandim, Bupati, Ketua DPRD dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota.

Kegiatan Rapat paripurna TMMD tersebut antara lain penyampaian arah kebijakan tentang penyelenggaraan program TMMD TA. 2021 dan penyampaian laporan pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan program TMMD TA.  2020 serta penyampaian rencana umum program TMMD TA. 2020 oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto.

Dalam sambutannya, Aster Kasad yang selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional TMMD mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Pimpinan Lembaga terkait dan khususnya para Bupati dan Walikota selaku Kepala Daerah yang telah mendukung program TMMD TA 2020 dan yang akan dilaksanakan pada TA 2021.

Menurutnya, kehadiran Program TMMD di tengah-tengah masyarakat bukan sekedar menghadirkan bangunan fisik, bukan juga sekedar tambahan sarana dan prasarana desa, akan tetapi yang lebih penting yaitu terbangunnya semangat gotong royong, semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan nasional dan terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI, Polri,Kementerian/LPNK,Pemerintah Daerah dan seluruh komponen Bangsa lainnya.

“Kehadiran kita di tengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya membangun ketahanan nasional yang dimulai dari ketahanan wilayah utamanya adalah ketahanan Desa,” ujar Jendral Bintang Dua tersebut dalam sambutannya.

Baca juga ini :  MUI Balikpapan Gelar Doa Minta Hujan di Waduk Manggar

Aster juga menyampaikan Meskipun secara umum pelaksanaan dan penyelenggaraan TMMD ke-107, ke-108 dan ke-109 TA 2020 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, namun masih ditemukan adanya permasalahan yang perlu mendapat perhatian kita bersama diantaranya adanya perubahan dukungan anggaran dari Pemda Kabupaten/ Kota dari yang telah direncanakan sebelumnya justru pada saat mendekati pelaksanaan kegiatan TMMD.

“Terkait dengan hal tersebut, saya berharap agar Dandim selaku Dansatgas TMMD dan Pemda Kabupaten/Kota dapat lebih aktif melaksanakan koordinasi yang baik, sehingga tidak terjadi lagi perubahan dukungan anggaran yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Disamping itu kabar menggembirakan juga diterima oleh Kodim 1002/Tanah Bumbu karena telah berhasil meraih juara 1 kategori wartawan Media Elektronik atas nama Wirianto Hadisucipto dari TVRI Kalsel dengan mengambil tema “Pengabdian Untuk Negeri”. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI T.N Hartanta S.Sos.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.