Stadion Batakan

Kemenpora Minta Stadion Batakan Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora) meminta PSSI untuk mempertimbangkan agar stadion Batakan Balikpapan diusulkan menjadi salah satu venue perhelatan Piala Dunia U-20 2021

“Mengetuk beliau-beliau khususnya di PSSI agar bisa mempertimbangkan stadion ini untuk sebagai bagian entah itu venue utama dari Piala Dunia ataupun sebagai training fasiliti,” ujar Skretaris Kemenpora Dewa Gatot Broto di Balikpapan.

Dia mengatakan, stadion berkapasitas 46 ribu penonton itu sangat layak dimasukkan sebagai kandidat salah satu venue perhelatan Piala Dunia. Khususnya sebagai persiapan Kaltim yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru

“Apalagi kan sebentar lagi  Kaltim sebagai Ibu Kota Negara. Sebagai  kesiapan Kaltim untuk mempersiapkan sebagai Ibu Kota ,” kata

Menurutnya, stadion yang dibangun menelan anggaran lebih dari Rp 1,3 triliun itu layak menjadi venue Piala Dunia karena bergaya arsitektur modern, seperti stadion-stadion megah di eropa yang  memiliki lorong-lorong seperti stadion Arsenal.

“Jujur ya sejak tiga tahun lalu saya hanya mendapatkan video, potret stadion Batakan itu hanya dari media sosial dan sebagainya. Saya akui, saya baru pertama kali kesini, itu memang alhamdulilah, itu indah luar biasa,” ujarnya

“Ini seakan-akan kita menonton di stadion Arsenal atau stadion Menchester United , juga stadion Santiago Bernaveu Madrid, saya pernah melihat disana. Ada lorong-lorongnya Ini bener-bener stadion bagus,”

Dia mengungkapkan, sejauh ini pemerintah daerah setempat belum mengusulkan stadion Batakan menjadi salah satu venue perhelatan Piala Dunia. Karena harus diusulkan Pemerintah Provinsi. Kemudian diusulkan PSSI ke FIFA.

“Belum ada yang usulkan. Karena yang mengusulkan masing-masing daerah. Beberapa daerah juga ada yang mengusulkan  stadionnya. karena kami Kemenpora tidak dalam kapasitas mengusulkan. Itu juga nanti yang menentukan FIFA,” ujarnya.

Baca juga ini :  Jumlah Pasien Covid Yang Dirawat 167 Orang, Terbanyak di RSPB

“Memang ada anggota dewan dari DPR dapilnya disini menyampikan kepada kami Pak Gatot tolog itu dipertimbangkan, saya sampaikan kepada beliau usulan harus datang dari Gubernur, dari Riau juga memasukkan dari Provinsi lain juga memasukkan,”

Kemegahan stadion Batakan bahkan sempat menjadi trending topic nomor 1 di twitter pada saat Tim Pelajar Indonesia menghadapi Malaysia  dibabak semifinal. Ketika itu sekitar 45 ribu penonton memadati stadion.

“Masalah jarak sekarang transportasi bagus banget , masalah komunikasi sekarang IT bagus banget. Jadi sangat layak sebenarnya. Tapi nanti semua yang menentikan FIA. Bisa diusulkan. Karena ini stadion sangat bagus sekali,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.