Arya Sinulingga

Kementerian BUMN Pastikan PCR di RSPB Senin Pekan Depan Mulai Dioperasikan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian BUMN memastikan alat polymerase chain reaction (PCR), Senin (18/5) pekan depan akan mulai dioperasikan. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Kamis (14/05)

“Hari Senin jalan,” ujar Arya yang meninjau langsung persiapan rencana pengoperasian alat yang akan mendeteksi covid-19

 Menurutnya, mendatangkan alat PCR dari Swiss tersebut, merupakan inisipatif langsung Menteri BUMN Erick Thohir yang didukung Presiden Joko Widod0. Kementerian BUMN memesan untuk 18 rumah sakit milik BUMN di 12 Provinsi.

“Kita tahu bahwa tes swab PCR di Indonesia kan masih kurang jadi kemarin itu dengan inisatif dari Pak Erick Tohir didukung Pak Jokowi , dalam tempo sebulan setelah ditemukannya corona di Indonesia kita langsung pesan ke swiss,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, disejumlah tempat alat PCR yang didatangkan Kemnterian BUMN sudah dioperasikan. “Jadi alat PCR ini ada di 18 tempat, 12 provinsi, mudah-mudahan dengan alat ini makin banyak orang yang dites,” ujarnya

Bahkan kata dia, khusus di rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta (RSPJ) juga sudah dilengkapi dengan fasilitas drive thru swab test untuk masyarakat umum di halaman parkir. “Di Jakarta sudah dioperasikan,” ujarnya

“Bahkan sudah ada yang namanya drive trhu, drive thru di Jakarta sudah dilakukan. Karena harapannya semakin banyak yang dites,”

Selain itu di Jawa Timur, Jawa Tengah dan beberapa rumah sakit lainnya disejumlah provinsi alat PCR yang didatangkan Kementerian BUMN juga sudah dioperasikan.  “Hari Senin jalan, Sumatera minggu depan jalan,” ujarnya.

Dia memastikan, tidak dipunggut biaya, karena semua ditanggung Pemerintah, keculia mandiri. Karena ada perusahaan yang membayar sendiri. “Kalau biaya kan gratis, tapi kalau mandiri bayar, kalau positif ditanggung negara,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.