Warga Mandar Balikpapan gelar syukuran

KKMSB Balikpapan Gelar Syukuran Atas Dilantiknya Rahmad Mas’ud Sebagai Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kerukungan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Balikpapan’ menggelar syukuran atas dilantinya Rahmad Mas’ud sebagai Wali Kota dan Nurlela Rahmad  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, di rumah jabatan wali kota, Minggu malam (13/6/2021).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi atas dukungan Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) yang telah mendukung dirinya dan memberi amanah agar memimpin kota Beriman ini tiga tahun delapan bulan. Hal ini disampaikan Rahmad saat pelaksanaan syukuran sehubungan dengan telah dilantiknya Rahmad sebagai Walikota Balikpapan, di aula Rumah Jabatan, Minggu malam (13/6/2021).

Tampak sejumlah pengurus Dewan Pimpinan KKMSB hadir dalam kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Satu kebanggaan dan beban sudah pasti menjadi seorang pemimpin, kebanggan kita semua saya diberi amanah menjadi Walikota dari 700 ribu penduduk Kota balikpapan,” ujar Rahmad Mas’ud.

Meski begitu Rahmad bersyukur apa yang menjadi bebannya harus dipikul dan dipertanggungjawaban menjalankan amanah yang menjadi cita-cita pendiri kota Balikpapan didukung warga untuk mewujudkan kota Balikpapan termuka yang nyaman di huni dalam bingkai madihnatul imam.

“Saya yakin seluruh lapisan warga kota Balikpapan mendukung saya demi mewujudkan cita-cita pendiri kota ini,” tandasnya.

Sekali lagi malam syukuran ini sudah menjadi tradisi atau hajatan yang besar yang dilakukan dengan bersanji dan salawat, bila mendapatkan amanah atau melaksanakan hajatan.

“Mudah-mudahan amanah dan kepercayaan yang diberikan ini bisa saya laksanakan dengan baik dan mendapat dukungan warga Balikpapan,” tutur Rahmad.

Rahmad juga mengajak seluruh pengurus dan anggota KKMSB untuk selalu menjalankan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan. “Mari selalu menerapkan prokes dimanapun kita berada, pandemi ini belum berakhir selama meski saat ini kegiatan perekonomian telah kita longgarkan,” ajak Rahmad.

Baca juga ini :  PKS Muda Balikpapan Gelar Flashmob untuk Menangkan Paslon Rahmad-Tohari

Pada kesempatan sama, Panitia Pelaksana Irfan Taufik mengatakan, acara tersebut untuk mendokan Rahmad Mas’ud agar dimudahkan dalam memimpin Kota Balikpapan selama  tiga tahun kedepan 2021-2024 dan semuanya semua yang dikerjakannya berjalan dengan baik.

“Jadi ini prosesi awalnya kita orang-orang Mandar untuk mendoakan beliau supaya kepemimpinannya kedepan dimudahkan berjalan dengan baik,” ujar Irfan, di rumah jabatan Wali Kota pada Minggu (13/06/2021).

Menurutnya, syukuran tersebut sudah hampir jarang digelar di Kota Balikpapan. Karena biasanya hanya digelar di Kampung di Mandar. “Biaasanya kita lakukan di tanah Mandar. Sudah lama gak pernah banget kita lakukan disini. Jadi ini baru digelar,” ujarnya.

Syukuran tersebut mengambil tema “Baca Salawa dan Baca Barakka. Untuk Baca Salawa artinya membaca Salawat Nabi dengan membaca bersanji. Bersanji merupakan rangkaian dari sejarah-sejarah Rasulluloh. “Jadi ada Salawat di dalamnya,” ujarnya.

“Barakka itu seperti tanda mata, itu teridiri dari kue cucur, kue-kue khas mandar yang jarang kami temui jual disini. Ada pisang, ada ketan yang bahasa Mandarnya sokol,” ujarnya.

“Nah ini menjadi kebiasaan kita di Kampung Mandar ketika pindah rumah, ketika ada hajat yang sudah ditunaikan, kita baca-baca begini,”

Dalam kesempatan itu juga dibacakan beberapa kata bijak atau petuah-petuah orang Mandar. Dimana dari petuah-petuah yang dibacakan makanya harus bersatu mendukung kemepimpinan Rahmad Mas’ud. Mendukung Balikpapan karena sebagai warga Kota.

“Dibacakan kata bijak, petuash-petuah orang Mandar. Inisarinya pesan bahwa kita harus mendukung kota ini, kita harus bersatu padu dalam mendukung kepemimpinan Pak Rahmad,” ujarnya

“Mendukung Balikpapan, karena kita sudah ada disini, dimana kaki dipijak, disitu langit dijunjung kirakira seperti ini,” tuturnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.