Presiden Joko Widodo saat meresmikan dan meninjau penataan kawasan di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat / Sekretariat Presiden

Klaim AHY, Jokowi Hanya Melanjutkan Gunting Pita Pembangunan Infrastruktur, Begini Tanggapan Pengamat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, Pemerintahan Joko Widodo saat ini hanya melanjutkan pembangunan proyek era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bahkan putra pertama SBY itu menyebut, sekitar 70 hingga 90 persen proyek tersebut sudah direncanakan dan mulai dibangun pada periode kedua SBY menjabat Presiden. Sehingga Presiden Jokowi hanya melanjutkan gunting pita.

Komentar AHY tersebut, ditanggapi pengamat sekaligus Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno. Dia menyebut pembangunan infrastruktur Presiden Jokowi jauh lebih baik dibanding era SBY.

“Infrastruktur misalnya, dalam dua periode pemerintahan Jokowi ini, pembangunan jalan tol sepanjang 1.540,1 km di seluruh Indonesia dapat diselesaikan dengan kurun waktu 7 tahun. Pembangunan infrastruktur Jokowi jelas jauh lebih baik,” kata Adi.

Adi menjelaskan, perkembangan pembanguan jalan tol itu sangat pesat dibanding pada masa kepemimpinan SBY. Adi memaparkan, pada pemerintahan SBY pembangunan jalan tol tidak semasif itu.

“Pembangunan ini sangat mencolok perkembangannya karena pada periode sebelumnya, pada masa presiden SBY sepanjang 189,2 km jalan tol baru rampung setelah pembangunan 10 tahun,” tuturnya.

Dari sisi pembangunan atau konstruksi bandara juga mencolok perbedaannya. Pada masa SBY, sebanyak 24 pembangunan bandara rampung dalam kurun waktu 10 tahun. Sedangkan pada pemerintahan sekarang raihannya lebih dari itu.

“Ada lagi di sisi infrastruktur dari segi konstruksi bandara. Pada 2004 hingga 2014 lalu sebanyak 24 pembangunan bandara terselesaikan,” terangnya

“Kemudian pada masa kepemimpinan Jokowi sebanyak 29 konstruksi bandara telah selesai dilakukan dan infonya menargetkan 9 konstruksi bandara lagi akan selesai pada 2023, sebelum periode kepemimpinan berakhir,”

Adi juga membeberkan data pembangunan bendungan. Adi mengatakan, di era Jokowi sebanyak 12 bendungan selesai dibangun dalam kurun waktu 7 tahun pemerintahan.

Baca juga ini :  Terima Bonus Rp 1,3 Miliar dari PSSI, Kamis Skuat Timnas U-16 akan Dibubarkan

“Dan sebanyak 27 bendungan ditargetkan selesai pada 2024. Sementara pada masa SBY baru 14 dalam rentang 10 tahun pemerintahan dan beberapa yang lain tercatat mangkrak,” katanya.

Selain itu lanjutnya, jika melihat hasil survei kepuasan publik ke pemerintah, pembangunan infrastruktur menempati rangking pertama kepuasaan publik ke Jokowi. Publik melihat Jokowi sangat massif membangun infrastruktur.

Suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.