Penanaman pohon di Kawasan Bukit Soeharto

Kodam VI Mulawarman Lakukan Penamanam Pohon di Kawasan Bukit Soeharto Seluas 10 Hektar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kodam VI Mulawarman menggelar penanaman pohon atau reboisasi di Kawasan Bukit Soeharto atau Kilometer 45 Kutai Kertanegara (Kukar) yang masuk Kawasan Ibu Kota Nusantara.

Areal yang di tanam seluas 10 hektar. Namun untuk tahap di areal seluas 5 hektar. Sebanyak 500 pohon yang ditanam, dengan berbagai macam mulai dari begkirai, ulin ataupun pohon endemik Kaltim.

“Kegiatan Reboisasi ini terselenggara berkat kerja sama Kodam VI Mulawarman dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan PT. Perkasa Sejahtera Pratama (PSP), dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 TNI Tahun 2022,” ujar Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dalam sambutannya.

Dia mengatakan, Kalimantan adalah salah satu paru-paru dunia, di karenakan kawasan hutannya yang sangat luas, yaitu 40,8 juta hektar.

“Dan saat ini kita berada di kawasan Bukit Soeharto yang memiliki luas lebih dari 100.000 Ha yang merupakan Taman Hutan Raya, terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujarnya  

Menurutnya, kawasan tersebut telah ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) masuk dalam wilayah Ibu Kota Negara Baru.

“Tentunya kita harus menjaga dan merawat hutan tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan pusat pemerintahan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, reboisasi untuk mengembalikan ekosistem, mencegah terjadinya penggundulan hutan, mencegah terjadinya banjir, tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan.

Dalam melakukan reboisasi ini, tidak hanya semata harus mengembalikan kondisi bekas pertambangan semaksimal mungkin seperti sebelumnya. Namun harus dapat tetap memberikan keuntungan bagi masyarakat khususnya dan Negara pada umumnya.

“Daerah tempat penambangan yang sudah tidak terpakai lagi dan sudah dilaksanakan reboisasi, dapat dijadikan tempat wisata, lahan perkebunan atau bahkan pemukiman,” ujarnya

Baca juga ini :  Update 7 Mei 2021 : Melandai, 16 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 27 Pasien Sembuh

Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga kelestarian hutan dengan merawat hutan, tidak menebang pohon sembarangan, melakukan tebang pilih, mendukung konservasi sumber daya alam,

“Serta melakukan reboisasi hutan seperti yang kita lakukan hari ini. Reboisasi hutan yang saat ini kita laksanakan juga termasuk salah satu bentuk dukungan,” ujarnya

Kata dia, untuk memperbaiki kondisi lingkungan pasca tambang. Reboisasi diharapkan menghasilkan lingkungan ekosistem yang baik dan juga diupayakan menjadi lebih baik dibandingkan rona awalnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan reboisasi tersebut. Mulai dari Pemerintah Provinsi Kaltim maupun PT Perkasa Sejahtera Pratama

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.