Home / IniCitizen / Korem 101/ANT Resmi Dipimpin Jenderal Bintang Satu

Korem 101/ANT Resmi Dipimpin Jenderal Bintang Satu


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto memimpin serah terima jabatan Komandan Korem 101/Antasari di Aula Makodam VI/Mulawarman, Selasa (21/4/2020).

Pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Korema 091/Aji Surya Natakesuma dilaksanakan bersamaan dengan Komandan Korem 101/Antasari sekaligus menandakan secara resmi Korem 101/Antasari menjadi Korem yang dipimpin oleh Perwira tinggi berpangkat Bintang satu.

Pelaksanaan serahterima jabatan dilaksanakan secara sederhana mengikuti protokol Covid-19 yang dihadiri beberapa orang perwakilan pejabat Kodam VI/Mulawarman yang dipimpin oleh Pangdam VI/Mulawarman yang diserahkan dari pejabat lama Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M Han. selaku Danrem 101/Ant kepada Kolonel Inf Firmansyah.

Pejabat baru Danrem 101/Ant yang nantinya akan berpangkat Jenderal bintang satu merupakan lulusan Akmil angkatan 1990. Pelaksanaan serah terima tersebut juga bersamaan dengan serah terima jabatan Danrem 091/Asn dari Brigjen TNI Widi Prasetijono yang akan menjabat sebagai Kasdam IV/Diponegoro kepada Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro.

Prosesi serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Berita Acara Serah terima di hadapan Pangdam VI/Mulawarman. Pergantian pejabat Komandan Korem 091/Asn yang dilaksanakan pada hari ini terlihat berbeda seperti sebelum-sebelumnya karena dalam pelaksanaannya tetap mematuhi aturan protokol pencegahan Covid-19 sehingga para pejabat yang melaksanakan serah terima menggunakan masker kain bercorak loreng TNI dan menggunakan sarung tangan.

Tidak ada pelaksanaan Salam Komando yang menjadi tradisi pelaksanaan sertijab. Tradisi Salam Komando diganti menjadi Salam Mulawarman dengan mengepalkan tangan dengan mematuhi jaga jarak untuk mencegah penyebaran Virus Covid 19.

Sebelum pelaksanaan serahterima jabatan, dilakukan upacara alih komando pengendalian 4 Kodim jajaran Korem 091/Asn yang diserahkan komando dan pengendaliannya kepada Korem 092/Maharajalila.

Diikuti pengalihan Kodal pelaksanaan tugas Pengamanan Perbatasan yang tadinya berada di bawah kendali Korem 091/Asn menjadi berada di bawah kendali Korem 092/Maharajalila.

Sesuai tradisi Kodam kegiatan tersebut diakhiri dengan tradisi penerimaan pejabat baru dan pelepasan pejabat baru melalui prosesi penciuman Patakan Kodam VI/Santima Canta menandai pengabdian sebagai prajurit di Kodam VI/Mulawarman di mulai dengan tantangan tugas yang terbentang luas.

Sedangkan Penciuman Pataka bagi pejabat lama memberikan makna bahwa mereka akan selalu dikenang sebagai prajurit Kodam VI/Mulawarman dimana pun mereka akan bertugas nantinya.

Seiring dengan dilaksanakannya sertijab ini Korem 101/Ant naik status menjadi Korem type A yang dipimpin seorang pangkat Brigjen TNI yang nantinya pejabat Danrem baru akan naik pangkat menjadi Brigjen setelah melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat Perwira Tinggi kepada Presiden RI di Jakarta.

Validasi organisasi Korem 101/Ant bersamaan dengan dibentuknya Korem 092/Maharajalila yang berada di wilayah Kalimantan Utara. Salah satu pertimbangan naiknya status Korem yang membawahi seluruh wilayah Propinsi Kalimantan Selatan didasarkan atas saran masukan pemerintah daerah dan sesuai aspirasi masyarakat Kalimntan Selatan serta telah melalui kajian pengembangan satuan yang dilaksanakan oleh Mabes TNI AD tahun yang lalu.

Dalam pelaksanaan ramah tamah sederhana, Pangdam menyampaikna pula adanya penambahan satuan baru di Kodam VI/Mulawarman yaitu Korem 092/Maharjalila yang bermarkas nanti di Kabupaten Bulungan dan memiliki tugas dan tanggungjawab melakukan pembinaan wilayah pertahanan darat di ujung Utara Kalimantan yaitu Propinsi Kaltara dan membawahi 4 Kodim yang berlokasi di wilayah tersebut.

“Sebagai informasi, saat ini memang Kantor Makorem 092/Mlr sendiri masih dalam pengerjaan dan akan selesai pada tahun ini termasuk beberapa perumahan dinas bagi prajurit organik Korem yang baru,” kata Mayjen TNI Subiyanto.

Pelaksanaan validasi orgas satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD dalam upaya penyiapan satuan mendukung proses pemindahan Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur.

“Perubahan tersebut nantinya akan diikuti pengembangan satuan tempur dan bantuan tempur sebagai satuan pengaman penyangga IKN yang baru,” demikian disampaikan Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino menambahkan, Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M Han selanjutkan akan dipromosikan menduduki jabatan Danrem 031/Wirabima Kodam I Bukit Barisan di Pekanbaru. Untuk Danrem 101/Ant yang baru Kolonel Inf Firmansyah sebelumnya berdinas di Denma Mabesad dan telah menyelesaikan pendidikan di Lemhanas RI.

Serah terima jabatan Danrem 101/Ant ini, merupakan bagian dari dinamika pembinaan personil dalam rangka tour of duty dan tour of area serta pelaksanaan Pembinaan Satuan yang dilakukan secara berkesinambungan agar kinerja satuan dapat tercapai lebih optimal dihadapkan pada semakin kompleksnya tantangan tugas yang dihadapi saat ini.

Sesuai pertimbangan pimpinan TNI AD dalam mewujudkan suatu kekuatan pertahanan di wilayah Kalimantan maka dilakukan validasi organisasi Korem di bawah Kodam yang saat ini untuk tiap propinsi baik Kalimatan Utara, Timur maupun Selatan ditanggungjawabi oleh Komandan Korem berpangkat Jenderal Bintang Satu yang memiliki counterpart para Gubernur dan Kapolda.

Hal tersebut dipandang perlu untuk mengoptimalkan pelaksanaan Pembinaan Teritorial sehingga diharapkan mampu menghadapi berbagai ancaman yang timbul baik dari ancaman militer maupun bencana yang terjadi.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data 25GB Bagi Tenaga Medis

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Telkomsel menghadirkan paket data khusus untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.