Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha dan Komisioner KPU Balikpapan Mega Fariany Ferri saat sosialisasi ke Poltekba

KPU Balikpapan Sosialisasi Pilkada di Poltekba

BALIKPAPAN, Inibalikpapan— KPU Kota Balikpapan kembali melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada tahun ini. Setelah sebelumnya menyasar siswa SMA maupun SMK, kali ini KPU Kota Balikpapan menyasar mahasiswa.

Penyelenggara pemilu itu, melakukan sosialisasi ke Poliktekhnik Balikpapan (Poltekba), Selasa (03/03). Sekitar 100-an mahasiswa menghadiri sosialisasi yang dilakukan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dan Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Fariany Ferri.

Dalam kesempatan itu, Noor Toha mengatakan, dalam demokrasi semua punya hak yang sama, Seperti pemilu. Dimana semua punya hak yang sama untuk memilih. Sehingga tak ada perbedaan antara pejabat maupun masyarakat biasa.

“Di sini kami menyebutnya one man, one vote, one value. Artinya satu warga, satu suara dan satu nilainya,” ujarnya

“Artinya walau antara pejabat dan orang biasa, sama-sama memiliki hak suara yang sama, yaitu sama sama satu suara. Tidak bisa karena dia pejabatnya valuenya menjadi lebih dari satu. Jadi tetap satu  orang, satu suara,” katanya.

Sementara Mega Fariany Ferry menyampaikan, terkait persiapan maupun tahapan pilkada. Dimana baru-baru ini telah melantik 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan saat ini persiapan perekrutan  anggota Panita Pemungutan Suara (PPS).

“Kami minggu lalu baru saja melantik anggota PPK. Dalam minggu ini kami akan mengadakan test kepada calon anggota PPS,” ujarnya.

“Anggota PPK yang sudah dilantik kemarin juga mengikuti test. Jadi perekrutannya betul-betul melalui beberapa tahapan,” lanjutnya.

Setelah terbentuknya  PPK dan PPS kata dia, kemudian akan dilakukan pemutakhiran data pemilih maupun penetapan  daftar pemilih tetap (DPT). “Jadi tugas PPK dan PPS itu diantaranya melakukan pendataan pemilih,” ucapnya.

“PPK dan PPS ini merupakan perpanjangan tangan KPU dalam melakukan pendataan, pendistribusian logistik hingga nanti penghitungan suara,” tuturnya.

Baca juga ini :  Tiga Terduga Teroris Masuk DPO, Diburu Tim Densus 88

Sementara Wakil Direktur III Poltekba Yogiana Mulyani menyambut baik kehadiran KPU Kota Balikpapan yang mau menyampaikan mengenai pilkada. “Mahasiswa kami di sini hampir seluruhnya adalah pemilih muda,” ujarnya.

“Mereka berusia antara 17-20 tahun. Jadi kehadiran bapak ibu dari KPU Kota Balikpapan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya kepada para mahasiswa.”tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.