Pembukaan Gerbang Pariwisata dalam rangka HUT Kota Balikpapan ke-126.

Luas IKN Lima Kali Lebih Besar Dari Jakarta, Jumlah Penduduk 240 Ribu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Luas wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditetapkan lima kai lebh besar dari Jakarta. Sebagian Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai kertanegara (Kukar)

Halitu disampaikan Deputi Bidang pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi saat  Pembukaan Gerbang Pariwisata dalam rangka HUT Kota Balikpapan ke-126.

“Dari 256.142 hektar daratan dan 68 ribu hektar itu laut , jumlahnya lima kali Jakarta,” ujarnya di e-Walk Balikapapn Super Blok (BSB), Sabtu (05/03/2023)

Sementara untuk jumlah penduduk saat ini, masih belum padat. Bahkan jka dibandingkan hanya sekitar 25 persen dari jumlah penduduk Kota Balikpapan yang menjadi teras dan Gerbang IKN.

“Dengan hari ini kondisi posisi penduduk yang ada di dalam IKN itu 240-an  ribu. Otomatis itu menjadi tanggungjawab kami, bagaimana peningkatan SDM dan lain sebagainya mengacu pada wilayah perencanaan,” ujarnya

Menurutnya, saat ini pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas. Karena sesuai target Presiden Joko Widodo tahun depan sudah mulai melakukan aktifitas di IKN,

Bahkan Presiden Jokowi juga menargetkan Upacara 17 Agustus 2023 dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-79 akan di pusatkan di IKN. Sehingga pembangunan kini digenjot.

“Otorita IKN pada saat ini fokus pada pembanguan infrastruktur,” ujarnya.

Disamping itu lanjutnya. juga akan dikembangkan ekowisata, industry perikanan untuk memaksimakan potensi daerah. Namun harus dibarengi dengan kesiapan SDM.

“Misalnya kita bicara Samboja , misalnya kita akan kembangkan ekoswisata, industro perikanan, itulah yang akan kami kawal. Bagaimana penyiapan SDM untuk menjawab potensi local,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Yamaha Gear 125 Dukung Kinerja Driver Ojol dan Jurnalis Foto, Stabil dan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.