Apel Kesiapsigaan

Malam Ini Pukul 19.00 Sebagian Jalan Sudirman Ditutup

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mengantisipasi kerumunan masyarakat akan dilakukan penutupan ruas jalan, khususnya di Lampu Merah depan Kantor Kodim 0905 Balikpapan atau Jalan Jenderal Sudirman.

Kapolresta Balikpapan Kombel Pos Turmudi mengatakan, fasilitas umum Lapangan Merdeka juga akan ditutup. Penutupan akan dilakukan mulai pukul 19.00 Wita bertepatan malam Idul Fitri, Rabu (12/05/2021).

“Jadi untuk kegiatan malam ini kita sudah koordinasi dengan Kodim, Pol PP, Dinas Perhubungan bahwa jalan yang akan ditutup lapangan merdeka. Sesuai surat edaran Wali Kota tempat umum dan tempat wisata yang ditutup,” ujarnya disela-sela apel kesiapsiagaan.

“Kita mulai (penutupan jalan) dari lampu merah depan Kodim. Jamnya mulai jam 19.00,”

Bahkan kata dia, tidak menutup kemungkinan penutupan jalan akan bertambah jika terjadi kerumunan. “Nanti kalau di ring berikutnya terjadi penumpukan kita akan perlebar lagi untuk penutupannya,” ujarnya.

“Nanti kita lihat situasi di lapangan, dinamis sesuai dengan perkembangan, ketika ditutup dimana kemudian terjadi penumpukkan,”

Dia menyadari, penutupan jalan maupun fasilitas umum akan mendapat protes dari masyarakat. Namun kebijakkan tersebut, untuk mengantisipasi penularan covid-19, akibat terjadinya kerumunan.

“Kenapa lapangan merdeka kita tutup, kita khawatir tahun-tahun sebelumnya tidak ada takbir keliling, tapi banyak konsentrasi massa disitu. Ini semat-mata untuk mencegah masyarakat kita untuk berkumpul disatu tempat,” ujarnya

“Yang kita harapkan ini dalam rangka bukan untuk ketidaknyamanan tapi untuk menghindarklan masyarakat dari berkumpul dan penyebaran covid-19

Selain itu lanjutnya, mengantisipasi pergerakkan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak keluar rumah. “Masyarakat tidak kemana-mana, memang itu tujuannya, supaya masyarakat kalau tidak penting di rumah saja,” ujarnya

Tim gabungan juga akan melakukan pengamanan Sholat Ied maupun ibadah Kenaikkan Isa Almasih, pada Kamis (13/05/2021). “Pengamanan Ibadah Isa Almasih akan ada sterilisasi ditempat-tempat ibadah,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Sepanjang Bulan Ini, Polresta Balikpapan Ungkap 18 Kasus Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.