Menteri Sosial RI Tri Rismaharini terjun langsung bersama jajarannya dari berbagai Sentra milik Kemensos dalam rangka memastikan penyaluran logistik dan berdirinya tenda pengungsian untuk korban gempa Cianjur / Ikhwan Syah / Kemensos

Mensos Risma Terjun Langsung Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan bagi korban gempa sejak Senin (22/11/2022) kemarin. Bahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini terjun langsung.

Risma di Cianjur pada dini hari dan bergabung dengan tim Kemensos yang sudah lebih dulu berada di lapangan. Logistik berupa tenda dan alat kebersihan diri dipasok di SDN 2 Sukamaju Kampung Munjul Desa Gasol Kecamatan Cugenang.

Dalam siaran pers kemensos, tiba di lokasi, Risma mengarahkan jajarannya untuk mendistribusikan tenda dan selimut kepada masyarakat yang tidur di luar.

“Yang kita antisipasi adalah adanya gempa susulan. Nah karena itu kita siapkan untuk sementara (untuk) warga yang bangunannya roboh dan untuk keamanan warga, maka kita siapkan untuk tempat istirahat mereka. Kita siapkan tenda-tenda,” katanya di hadapan awak media yang hadir. 

Sementara itu, bantuan makanan siap saji akan didistribusikan pagi hari melalui dapur umum, menyusul bantuan toilet dan air bersih.  Menurut Risma, salah satu kebutuhan yang paling mendesak yang harus dipenuhi adalah air bersih. 

“Ada yang kesulitan air, ada yang kesulitan toilet. Lagi perjalanan ke sini (bantuan toilet dan air bersih),kita coba siapkan tangki air sama tandon untuk air,” katanya. 

Kemensos sendiri telah menurunkan tim yang tersebar di tujuh kecamatan terdampak. Masing-masing posko dilengkapi dengan bantuan logistik berupa tenda, alat kebersihan diri, makanan anak, makanan siap saji, dan bantuan lainnya.

“Yang kecil (tenda), kita siapkan 1000, yang besar ini kita sudah pasang di beberapa kecamatan. Kita sudah ada tujuh kecamatan yang kita tangani. Laporannya per kecamatan,” ujarnya

Risma memghimbau agar masyarakat tetap waspada akan adanya gempa susulan. “Menurut saya memang sebaiknya ada di luar. Terutama kalau malam hari, karena kalau malam hari itu kan terlelap gitu kan. Takutnya kalau gak terbangun saat gempa,” katanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.