Nadiem Makarim saat berbincang-bindang dengan Guru di Kabupaten Penajam Paser Utara

Nadiem Pastikan Tahun Ini Seluruh Guru Honor Bisa Mengikuti Seleksi P3K

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan tahun ini seluruh guru honor akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Jumlah mencapai 550 ribu PPPK. 

Demikian disampaikan Nadiem disela-sela kunjungannya ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meninjau simulasi pembelajaran tatap muka terbatas termasuk berdiskusi dan mendengar suara para guru  yang mengikuti program calon guru penggerak. 

“Kita di sini untuk mendorong dan memastikan bahwa semua guru honorer tahun ini akan mengikuti tes seleksi P3K yang sudah tidak ada batasan lagi,” ujar Nadiem, Rabu (07/04/2021).

Namun dia memastikan guru honorer yang ikut PPPK tetap harus mengikuti seleksi. ” Itu tidak ditawar. Seleksi itu wajib, ” tandasnya. 

Bahkan Nadiem mengatakan, ada kebijakan afirmasi dalam seleksi P3K khususnya berkaitan dengan usia, telah mengabdi sebagai guru puluhan tahun, serta sertifikat pendidik (serdik). Sehingga akan lebih mudah mengikuti seleksi. 

“Kita memberikan afirmasi bagi yang umur 40 keatas, bagi yang sudah berjasa itu akan diberikan afirmasi dalam bentuk tambahan poin 15 persen,” ungkapnya. 

Nadiem meminta kesempatan ini dimanfaatkan maksimal oleh seluruh guru honorer yang akan menjadi PPPK baik di PPU, Balikpapan dan Kaltim. ” Ayo dimanfaatkan peluang ini. Tolong ini dipull kan biar bisa perjuangan tahun depan lebih besar, ” imbuhnya. 

Seperti diketahui, ada tiga kebijakan afirmasi dalam seleksi P3K yakni ujian seleksi pertama hanya untuk guru honorer di sekolah negeri masing-masing. Sedangkan ujian seleksi kedua dan ketiga terbuka untuk semua guru honorer.

“Mereka akan dapat juga bisa kemungkinan lulus yang lebih tinggi, jadi itu mungkin beberapa hal yang bisa saya utarakan,” ujarnya.

Baca juga ini :  Belum Diketahui Penyebab Terbakarnya Kantor Polairud Polda Kaltim

Kemendikbud menyediakan kapasitas perekrutan hingga satu juta guru. Rencananya seleksi pertama pada Agustus, kedua Oktober, ketiga Desember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.