Patroli Naik Sepeda Motor Kapolda Kaltim Cek Lokasi Calon Mabes Polri

MABES TNI-POLRI DEKAT, SINERGI MAKIN KUAT

Tribratanewspoldakaltim.com, PPU – Memasuki caturwulan kedua tahun 2022, diprediksi pemerintah akan menggenjot pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) lengkap dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

Sarana-prasarana yang dimaksud tidak hanya gedung pemerintahan, tetapi juga kantor lembaga negara yang seyogyanya berlokasi dekat dengan pusat pemerintah demi memudahkan koordinasi antar instansi.

Mabes TNI dan Mabes Polri pun demikian. Sudah sepatutnya markas besar dua instansi garda terdepan pemeliharaan keamanan negara itu berada dekat dengan Istana Negara.

Hal ini persis seperti yang diusulkan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, saat dirinya berkunjung ke lokasi IKN Nusantara, pada Rabu (16/2/2022).

Saat itu, politisi dari PDI-Perjuangan tersebut mengusulkan agar Istana Negara diapit dengan Mabes TNI dan Mabes Polri.

“Pendapat saya harusnya berdekatan dan posisi Mabes TNI dan Mabes Polri mengapit Istana Negara, sehingga ketika koordinasi dan jika perlu BKO, menjadi mudah,” tuturnya.

Ketua DPP PDI-P itu menilai, posisi Mabes TNI dan Mabes Polri yang berdekatan akan mengoptimalkan sinergitas kedua instansi.

Pasalnya, jika lokasi kedua instansi itu terpisah cukup jauh, koordinasi antara TNI dan Polri akan mudah terkendala.

PROSES PEMATANGAN LAHAN
Proses pembangunan Mabes Polri di IKN Nusantara sendiri saat ini masih dalam fase pematangan lahan.

Hal ini dikonfirmasi Kapolda Kaltim, Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., saat menyambangi lokasi calon Mabes Polri, pada Selasa (10/5/2022).

Mantan ajudan Presiden SBY tersebut mengatakan, pengerjaan pematangan lahan belum sepenuhnya rampung.

“Belum bisa diperkirakan kapan pembangunan fisiknya dimulai,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Yusuf Sutejo, S.I.K., M.T., memaparkan, kunjungan yang dilakukan Kapolda Kaltim ini dilakukan dengan menunggangi kendaraan roda dua operasional kepolisian.

Baca juga ini :  Wali Kota Minta Dukungan Dokter dan RS Tekan BOR, Sehingga Status Level PPKM Balikpapan Turun

“Sedangkan Pak Wakapolda dengan rekan-rekan PJU lainnya menggunakan jalur laut, dan sempat singgah di Jembatan Pulau Balang,” ungkapnya.

Setibanya di Ibu Kota Nusantara, Kapolda Kaltim dan rombongan meninjau lahan yang akan digunakan untuk Pos Pengamanan Polri, Polsek IKN, Poltabes IKN, dan bakal calon Mabes Polri.

Menurut Kombes Pol. Yusuf, kesempatan ini juga dimanfaatkan Kapolda Kaltim untuk mengecek pos tempat tinggal personel yang melaksanakan pengamanan di IKN.

“Tadi Pak Kapolda berpesan kepada personel agar terus meningkatkan patroli, dan rutin berkoordinasi dengan stakeholder terkait,” sebut Kabid Humas Polda Kaltim.

“Dengan langkah tersebut, diharapkan pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun,” imbuhnya. (*)

Humas Polda Kaltim

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.