Sudirman Djayaleksana

Pelajar di Balikpapan Timur Akan Menggunakan Bus Gratis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Pelajar khususnya di Kecamatan Balikpapan Timur akan menikmati bus sekolah gratis yang merupakan bantuan dari KementerianPerhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, bantun bus tersebut, sesuai janji Dirjen Perhubungan Darat pada 2017 saat meraih penghargaan Road Safety Award (IRSA) IRSA

“Jadi di tahun 2018 ini kebetulan kita dapat bantuan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan melaui Dirjen Perhubungan Darat, Ini sesuai janjinya pak Dirjen, Satu unit dulu. Nanti kalau bagus opersional tahun depan dapat lagi,” ujar Sudirman.

Menurutnya, bus tersebut memiliki kapsitas 49 seat dan akan beroperasi khusus melayani anak sekolah di Balikpapan Timur. Khususnya untuk menekan angka kecelakaan yang tinggi, karena  rata-rata pelajar menggunakan motor.   

“Ini kita sudah direncanakan kawasan Balikpapan Timur, sudah kita survey. itu kan disana ada beberapa sekolah. Anak-anak disana banyak yang gunakan motor, apalagi kan disana angka kecelakaannya tinggi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, karena bantuan nantinya tidak akan dipunggu biaya dan operasionalnya langsung DInas Perhubungan.  Kecuali di operasionalkan pihak ketiga atau Perusahaan Daerah (perusda) kemungkinan tidak free.

“Rutenya ini sudah kita survey mulai dari embarkasi Haji. Kalau dari Kemenhub free, makanya nanti kita yang operasionalkan sama dengan kita operasioakan SAUM dulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Balikpapan sebenarnya memiliki 9 bus sekolah. Namun hanya 7 yang beroperasi karena 2 bus rusak. Bus-bus tersebut, dikelola oleh perusda, sehingga dikenakan biaya Rp 2 ribu, meski ada subsidi.

“Bus sekolah itu adanya 9 unit, 2 rusak, tinggal 7 bus yang di operasional kan oleh perusda. Tarifnya Rp 2 ribu ya karena ada subsidi dari pemerintah,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Rustam Jaseli : Karena yang Melarang Saat Ini Adalah SK Wali Kota dan Itu Perlu Dikaji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.