Rahmad Mas'ud saat menghadiri pemberian bantuan upah bagi pekerja yang digelar BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan (13/8/2021)

Pemkot akan Libatkan Perusahaan Gotong Royong Lunasi Tunggakan Iuran BPJS Warga

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah memprogramkan memberikan BPJS Kesehatan kelas 3 gratis bagi warganya peserta mandiri.

Bahkan rencananya akan mulai bulan depan yang dialokasikan dalam APBD Perubahan 2021.  Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 17 miliar hingga Desember akhir tahun ini

Hanya saja yang masih menjadi persoalan, banyak peserta mandiri BPJS Kesehatan kelas 3 di Balikpapan yang menunggak iuran. Sehingga harus dilunasi terlebih dahulu.

Wali Kota Rahmad Mas;ud menyatakan, masih akan mencari solusi untuk menyelesaikan tunggak tersebut. Karena APBD hanya akan menanggung yang tidak menunggak.

“BPJS Kesehatan kita berikan Insya Allah yang tidak nunggak. Kalau nanti yang menunggak kita cari simulasinya,” ujarnya pada Senin (30/08/2021).

Menurutnya, kemungkinan bisa saja melibatkan perusahaan gotong royong melunasi tunggakan iuran BPJS warga. Karena harapannya program tersebut bisa dinikmati warga.

“Apakah bentuk gotong royong perusahaan-perusahaan, mereka berusaha menutupi tunggakannya,” ujarnya.

Kata dia, sejauh ini realisasi prpgram tersebut sudah tidak ada kendala. Karena seluruh data warga Balikpapan di Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Kan gak perlu repot-repot namanya sudah di Disudukcapil tinggal bayar saja, pemerintah menyiapkan segala sesuatunya,” ujarnya.

Program BPJS Kesehatan kelas 3 gratis, merupakan visi misi Wali Kota yang masuk dalam RPJMD 2020-2026 yang telah disahkan. Setiap tahun dianggarkan Rp 61 miliar.

Comments

comments

Baca juga ini :  Serapan APBD Balikpapan Diatas 80 Persen, Sempat Ditegur Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.