Warga yang sedang menunggu perekaman E-KTP di Balikpapan.

Pemkot Balikpapan Jemput Bola Perekaman e-KTP di Wilayah Pinggiran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Guna mempercepat pengurusan perekaman e-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan akan melakukan pelayanan jembut bola bagi warga khususnya bagi mereka yang tinggal diwilayah pinggiran kota.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Chairil Anwar. Menurutnya, pelayanan jemput bola itu untuk warga yang tinggal sulit terjangkau, sehingga seluruh warga Balikpapan bisa terjaungkau dan cepat.

“Seperti Tritip, Karang Joang di dalam, di Kariangau. Itu akan kita jadwalkan kalau yang mudah nggak perlu kita keliling,” kata Chairil Anwar

Hanya saja kata Chairil, rencana pelayanan jemput bola itu tergantung kemampuan anggaran daerah. Apalagi saat ini Pemerintah Kota Balikpapan sedang defisit anggaran ratusan miliar karena dipangkasnya dana bagi hasil (DBH).

“Nanti dianggarakan di anggaran tambahan. Kalau sekarang belum. Mudah-mudahan itu bisa jalan kan semuanya harus disiapkan ya kalau nggak ada anunya yang susah juga,” ujarnya.

Apalagi kata Chairil, saat ini Disdukcapil juga memiliki mobil keliling pemberian dari Kementerian
Dalam Negeri (Kemendagri). Kendaraan tersebut, siap untuk memberikan pelayana keliling Disdukcapil.

Namun kendaraan tersebut baru dapat digunakan jika sudah dialokasikan anggaran untuk pelayanan keliling. Mobil ini merupakan proyek percobaan dari Pemerintah Pusat kepada daerah

Dia menjelaskan, rencananya program jemput bola itu akan dijadwalkan setiap kelurahan. Namun meski begitu kata Chairil, pelayanan poerekaman e-KTP tetap sama yang dilakukan di Disdukcapil.

”Kayak SIM gitu atau ada even-even tertentu ya kita ikut nanti. Nah kemudian pelayanan semua kayak KTP, KK, surat pindah. Tidak hanya difokuskan perekaman saja. Semuanya kayak di kantor disdukcapil. Kayak pelayanan KTP silakan,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Warga Rela Datang Jauh-jauh ke DOME Urus KTP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.