Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Wajib Uji Swab Penumpang dari Luar Daerah
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat menggelar konfrensi pers

Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Wajib Uji Swab Penumpang dari Luar Daerah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan kini tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan kebijakan wajib bagi penumpang pesawat dari luar daerah mengantongi uji swab.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, saat ini masih mempelajari rencana penerapan kebijakan tersebut dari Jakarta yang telah mulai memberlakukan kebijakan tersebu, mulai hari ini, Selasa (25/05).

Dia memiliki alasan karena selama ini Balikpapan justru lebih banyak menjadi tempat transit. Bagi pekerja yang bekerja di luar Balikpapan dalam Kaltim. Hal itu yang menjadi kekhawatiran eks jurnalis senior itu.

“Apakah juga diterapkan juga di Balikpapan? karena mungkin daerah yang transit, apakah nanti pada kasus-kasus penumpang tertentu persyaratannya juga dilakukan dengan PCR (uji swab) tidak cukup dengan rapid test,” tandasnya.

“Nanti, kita juga sedang kaji, karena kita ini daerah transit yang pekerja dari Jakarta juga banyak melintas di Balikpapan. Nanti kita lihat hasil kajian kita tentang apa yang diberlakukan oleh Jakarta, jadi tidak saja rapid test,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga meminta bersabar dulu, hingga Pemerintah Kota Balikpapan membuat kebijakan. Karena harus merujuk pada panduan Pemerintah Pusat dan kajian yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan.  

“Saya mohon kepada masyarakat bersabar dulu jangan sampai penyebaran virus corona, justru kalau tidak tidak mengikuti panduan nanti terjadi ledakan lagi atau peningkatan akan merugikan kita semua,” ujarnya.

Dia juga meminta warga tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingg tidak ada lagi kasus baru positif covid-19. Karena kini jumlah kasus telah mencapai 52 kasus, 16 kasus masih dalam perawatan.

“Sepanjang masyarakat bisa menjaga disiplinnya physical distancingnya, maskernya tetap dipakai, banyak dirumah, kecuali bekerja atau ada kepentingan. Tetap cuci tangan dan mencukupi asupan gizi,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 25 September 2020 : Bertambah 29 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Pasien Meninggal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk pertama kalinya sejak bulan lalu atau awal Agustus, jumlah kasus yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.