Rizal Effendi

Pemkot Balikpapan Tunggu Hasil Tracing Kemenkes Terhadap Keluarga TKI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – TKI asal Balikpapan yang baru balik dari Arab Saudi dan sempat dinyatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terpapar varian baru covid-19 asal Inggris B117 menolak jika harus diisolasi kembali di Embarkasi Haji bersama keluarganya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya sejak awal berencana mengisolasi warga Balikpapan Timur itu di Embarkasi Haji bersama keluarganya, sambil menunggu hasil tracing yang dilakukan Kemenkes terhadap 5 orang anggota keluarga yakni istri dan 4  anaknya.

“Tadinya kan kita mau isolasi di Embarkasi Haji selama penanganan ini tapi dia gak mau orang sudah negatif saya,” ujar Rizal, Selasa (09/03)

Rizal mengatakan, pria berusia 48 tahun itu baru mau isolasi di Embarkasi Haji jika hasil tracing yang dilakukan Kemenkes positif. Tim Kemenkes sudah   datang ke Kota Balikpapan dua hari lalu dan langsung membawa hasil tracing yang dilakukan terhadap keluarga TKI itu.

“Saya (TKI) baru mau ini nanti hasil yang dari Kemenkes. Jadi kita tunggu petunjuk dari Kemenkes,” ujar Rizal lagi.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu menuturkan, saat ini TKI bersama anggota keluarganya isolasi mandiri di rumahnya. Harapannya tidak beraktivitas keluar rumah sementara, sambil menunggu hasil tracing Kemenkes.

“Isolasi mandiri di rumah tadinya mau kita isolasi di embarkasi Haji tapi dia minta di rumah saja. Kita tunggu hasil. Tapi kita minta jangan dulu banyak beraktifitas,” ujarnya

Sebelumnya Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan, kasus positif varian baru covid-19 yang sempat terdeteksi di Kota Balikpapan hanya mengalami gejala ringan.

Ada empat kasus varian baru asal Inggris B117 yang terdeteksi, selain di Kota Balikpapan pada 12 Februari, Palembang 11 Januari, Medan 28 Januari dan Kalimantan Selatan (Kalsel) 6 Januari. Seluruhnya tahun 2021.

Baca juga ini :  2 Oktober Bawaslu Tentukan Kelanjutan Kasus Terlapor Abdul Rais

“Kami sampaikan saat ini jumlah kasus yang sudah dikumpulkan terkait dengan varian B117 saat ini bertambah sebanyak 4 kasus,” kata Nadia dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Memang ada yang dirawat di rumah sakit tetapi dengan kondisi yang ringan sedang. Sehingga tidak ada kondisi yang cenderung berat atau bahkan membutuhkan perawatan ICU,”

Namun kata dia, kini seluruh pasien yang terpapar varian baru covid-19 itu telah sembuh dan berdasarkan pelacakan kontak erat tidak terjadi penularan terhadap keluarga maupun kerabat dekat pasien.

“Penemuan dari B117 ini merupakan pemeriksaan dari metode whole genome sequencing yang dilakukan badan litbangkes bersama juga dengan 16 laboratorium lainnya,” ujar Nadia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.