Home / iniFLASH / Pemkot Percantik JPO dan Monpera Lebih Milenial, Pemenang Sayembara dari Batam

Pemkot Percantik JPO dan Monpera Lebih Milenial, Pemenang Sayembara dari Batam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah kota Balikpapan tahun depan dipastikan akan memperbaiki tugu Monument Perjuangan Rakyat (Monpera) dan JPO Balikpapan Plaza dengan rancangan lebih menarik dan indah dipandang mata sehingga orang akan betah berada di lokasi tersebut.

Pembuatan design dua icon kota ini sudah disayembarakan dan sudah ada beberapa yang masuk dengan hasil yang bagus serta terdapat unsure milenialnya.

“Kita saya sayembarakan desainnya  karena monument alami musibah kita  maka kita rancang desain baru. Tadi saya sudah  terima dari para juri Ikatan Arsitektur Indonesia  dan Dinas PU sudah hampir sudah ada pemenangnya dan kita sangat bagus sekali karena millennial,” ungkap Wali Kota Rizal Effendi, Jumat sore (12/10/2019).

 Untuk monument kata Rizal pihaknya akan mengkomunikasikan hasil rancangan arsitektur yang iktu dalam sayembara kepada Panglima Kodam VI Mulawarman.

“Nanti yang monument kita akan minta pandangan pak Pangdam karena wilayahnya wilayah Kodam yang tinggal nanti kita akan mematangkan menjadi desainnya,” tuturnya.

Renovasi plus penambahan aksesoris ini kata Rizal agar icon kota yang ada tidak lagi kaku dipandang.

“JPU tinggal dipercantik dengan desain baru gitu kan tapi kan yang konstruksi yang lama tetap gitu cuman nanti percantik .JPU menggunakan anggaran apbd tahun depan 2020,” katanya tanpa menyebut biaya renovasi dan percantik JPO dan Monumen Perjuangan Rakyat.

Namun menurutnya untuk pembangunan  Monpera  pihaknya akan berbagi anggaan dengan swasta, dan partisipasi masyarakat disamping menggunakan APBD kota. “Kita sharing,  jadikan ada partisipasi swasta ada partisipasi masyarakat begitu. Anggaran belum, ini kan baru desain gambar dan akan kita kalau sudah kita sepakati yang mana nanti kita akan buat DED nya,  lebih matang  RABnya, biayanya,” jelasnya.

Rizal sempat menyebutkan sayembara yang dibuak sejak beberapa pecan lalu, sudah memiliki konsep yang apik. Malah pemenangnya dari kota Batam. “Bagus konsepnya itu pemenangnya malah dari  Batam.

ini kan para deseiner dimana saja kan bisa mereka. Biasa saja malah  Istiqlal designer juara non muslim .Ini kan menyangkut keindahan,” tandasnya.

Secara konsep dan gambar yang diajukan nilai Rizal Monumen bagus tidak lagi kaku. “Ada seolah-olah kayak monument. Jadi design baru ada juga yang patung Jenderal Sudirman sudah ikut didalamnya patung mengawinkan jenderal Sudirman dengan design dia itu luar biasa bagusnya. Jenderal Sudirman sudah mewakili,” nilainya.

Sedangkan konsep JPO, aka nada lampu yang makin memperindah jalur penyeberangan orang. Harapan masyarakat yang menyeberang bisa menikmati icon kota ini.

“JPO itu atap tidak kaku, permainan lampu lebih menarik sehingga orang bertahan lewat jembatan itu. Anggaran itu belum,  ya renovasi penambahan aksesoris (JPO),” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Minggu Depan DPRD Balikpapan Bahas KUA-PPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pekan depan DPRD Kota Balikpapan akan mulai membahas kebijakkan umum anggaran prioritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.