Kampung Kangkung Destinasi Wisata Baru Balikpapan

Pemprov Kaltim Bangun Pusat Informasi Wisata di Bali

BALIKPAPAN , Inibalikpapan.com – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk membuat sektor pariwisata kembali bangkit. Setelah terpuruk sejak Maret 2020 karena pandemi covid-19.

Salah satunya yang dilakukan membangun pusat infomasi di Bali. Karena Bali menjadi destinasi wisata favorite di Indonesia. Harapannya ketika ada wisatawan yang berkunjung ke Bali juga mendapatkan informasi soal pariwsaia Kaltim.

“Jadi tujuan kami bagaimana menarik wisatawan yang berkunjung ke Bali juga tertarik berkunjung ke Kaltim,” ujar kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni.4

Dia mengakui, Kaltim memang belum menjadi destinasi utama wisata di Indonesia. Namun dengan informasi yang disampaikan, maka wisatawan juga tertarik berkunjung ke Kaltim karena banyak juga keindahan alam.

“Kita yang belum menjadi destinasi prioritas sekarang ingin mengambil peluang Bali and Bion dengan cara mendekat ke Bali,” ujarnya.

Pemprov Kaltim juga membangun pusat informasi pariwisata kaltim di bandara. Salah satunya Bandara APT Pranoto Samarinda. Sehingga ketika ada yang datang ke Kaltim untuk kegiatan lain, juga tertarik mengunjungi obyek wisata.

Selain itu, pariwisata Kaltim terus dikembangkan khususnya ekowisata atau yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat local.

“Tentu dengan konservasi alam, melindungi, mengawetkan dan memanfaatkan secara lestari dengan kearifan lokal,” ujarnya.

Hal itu juga sesuai dengan arah kebijakan dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023. Bahwa sektor pariwisata fokus pada pengembangan kualitas desinasi wisata dengan berbasis kerakyatan dan potensi daerah.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ajukan Gugatan ke MK, KIPP Minta Penetapan Perolehan Suara Pilkada Balikpapan Dibatalkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.