Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dan Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid foto bersama usai penandatangan MoU / laman Pemprov Kaltara

Pengembangan Lapangan Terbang Krayan Diperbatasan Kaltara

TANJUNG SELOR, Inibalikpapan.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan sepakat mengembangkan lapangan terbang Binuang di Krayan Tengah.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dan  Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid.

Dilansir dari laman Pemprov Kalatra, dalam MoU tersebut, disepakati bersama akan dilakukan Pengembangan dan Pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) Binuang di Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan atau yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia.

MoU ini bertujuan mengoptimalkan fungsi lapangan terbang Binuang sebagai fasilitas umum yang digunakan sebagai angkutan udara menuju Malinau-Long Bawan-Long Layu-Tarakan dan Tanjung Selor.

Pasalnya, selama ini lapangan terbang Binuang hanya pesawat sejenis Pilatus yang hanya bisa mendarat dengan membawa penumpang maksimal 5 orang serta barang maksimal 500 kilogram.

Dengan adanya MoU diharapkan pesawat berjenis Caravan atau Twin Otter yang mampu membawa penumpang maksimal 17 orang atau barang maksimal 1.200 kilogram dapat mendarat di Binuang.

Lapangan terbang Binuang juga diharapkan lebih representatif dengan panjang runway beraspal kurang lebih 900 meter, memiliki ruang tunggu yang cukup memadai, alat penerangan listrik, pagar pengaman, alat komunikasi, operator yang bersertifikat serta petugas PKP-PK yang terlatih.

Baca juga ini :  Warga Balikpapan Penerima Kartu Indonesia Sehat Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.