Prosesi penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Negara Nusantara

Pertengahan Bulan Ini Presiden Jokowi akan Lakukan Peletakkan Pertama Pembangunan IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Gubernur Kaltim Isran Noor memastikan pembangunan fisik di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) akan berlangsung bulan ini setelah tahapan lelang rampung.

Presiden Joko Widodo akan hadir langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur. Tahun ini pemerintah menyiapkan alokasi APBN tidak kurang dari Rp5,3 triliun

Hingga 2024, Pemerintah bahkan menyiapkan hingga 43 triliun untuk pembangunan fisik diantaranya jalan, istana presiden dan wakil presiden maupun kantor kementerian.

Pembangunan di IKN diperkirakan akan menyedot anggaran mencapai Rp 466 triliun. Rencananya  pembiyaan akan menggunakan, APBN, BUMN hingga swasta.

Dari APBN pemerintah menyiapkan Rp90,4 triliun, Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KBPU) Rp 252 triliun dan skema pembiayaan swasta – BUMN sebesar Rp123,27 triliun.

Bahkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai dari dua tahun sebelumnya dan akan rampung tahun depan. Akan memenuhi kebutuhan air baku di IKN hingga Kota Balikpapan.

Termasuk juga, jalur darat dari Kilometer 38 Samboja,Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) menuju kawasan IKN di Sepaku pun sudah mulus dan sangat nyaman untuk dilalui.

Presiden Jokowi, Ketua DPR, MPR, Kapolri, Panglima hingga menteri dan duta besar sejumlah negara sdah berkunjung ke IKN. Termasuk Gubernur di seluruh Indonesia. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  Pelonggaran, Pemkot Balikpapan Tiadakan Razia Masker

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.