Jaringan Gas Rumah Tangga di Kecamatan Marangkayu

PHKT Mulai Alirkan Gas untuk Jargas Rumah Tangga Bagi Warga Marangkayu

TENGGARONG, Inibalikpapan.com – Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) bekerjasama dengan Kementerian Enegri Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Pemerintah Kabupaten setempat menyediakan jaringan gas (jargas) nasional bagi Masyarakat di Kecamatan Marangkayu.

Hal itu merupakan bagian dari bentuk dukungan khususnya PHK khususnya dalam pelaksanaan proyek Jargas dalam upaya menjamin ketahanan energi nasional dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi untuk sektor rumah tangga.

Proyek Jargas di Kecamatan Marangkayu dan sekitarnya yang dikelola oleh PT.Pertagas ini mendapatkan pasokan gas dari PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) melalui fasilitas  di Terminal Santan sebanyak  0,1 hingga 1 MMSCFD (juta standar kaki kubik perhari – gas)

Ada sekitar 3.500 sambungan jargas ke masyarakat dengan 5 sektor sambungan jargas yang akan disuplai dari Terminal Santan PHKT yaitu desa Sebuntal, desa Semangko, dan desa Bunga Putih di Kecamatan Marangkayu.

Pengaliran gas perdana dari MRS (Meter Regulating System) di Terminal Santan PHKT telah dimulai pada 17 Februari 2021 dengan pengaliran gas ke Sektor 1 Jargas Marangkayu yaitu ke Desa Semangko untuk 621 pelanggan, yang selanjutnya akan dijadwalkan kemudian untuk disalurkan ke 4 sektor lainnya pada tahun 2021 ini.

General Manager PHKT Achmad Agus Miftakhurrohman menyampaikan rasa syukur bahwa gas dari PHKT sudah mulai disalurkan ke masyarakat di sekitar Kecamatan Marangkayu dengan aman dan selamat.

“Kami berharap gas yang disalurkan melalui Jargas Marangkayu ini dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitar Kecamatan Marangkayu,” ujarnya

“Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat dapat memperhatikan aspek keselamatan dalam penggunaan gas rumah tangga melalui Jargas ini sesuai arahan teknis yang telah ditentukan oleh pengelola Jargas,”

Fasilitas Terminal Santan PHKT yang terletak di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara ini telah beroperasi sekitar 50 tahun sejak tahun 1971.

Selama beroperasi di Terminal Santan, PHKT selalu berkomitmen mendukung program-program pemerintah melalui program pemberdayaan masyarakat, CSR serta program lainnya seperti mendukung Program Jargas untuk rumah tangga ini.

PHKT akan terus berupaya membangun kemitraan yang aktif dalam memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi.

Comments

comments

About glen

Check Also

Gubernur Kaltim Keluarkan Instruksi Nomor 2 Tahun 2021 Perpanjang PPKM Mikro

SAMARINDA,Inibalikpapan.com – Gubernur Kaltim menerbitkan Instruksi Nomor 2 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.