Launching Bulan Dana PMI Balikpapan

PMI Balikpapan Himpun Dana Publik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setiap tahun PMI Balikpapan menggelar Bulan Dana PMI 2019 yakni menghimpun dana publik dengan membagikan kupon. Lanching bulan dana tersebut, digelar di Kantor PMI Balikpapan, Selasa (17/09).

“Bulan dana PMI ini biasanya kita lakukan setahun sekali, bulan dana PMI ini artinya menggugah masyarakat untuk memberikan satu perhatian maupun semacam bantuan untuk membangun PMI,” ujar Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani.

“Di bulan dana ini kami memberikan satu pengarahan-pengarahan khususnya kami harus melatih PMR Palang Merah Remaja di setiap sekolah, kami juga harus memberikan pelatihan ketrampilan kepada KSR, KSN dan juga relawan,”

Menurutnya, karena minimnya anggaran untuk PMI, sehgingga menggelar Bulan Dana untuk meminta pasrtisipasi masyarakat. Dyah memastikan, pengumpulan dana publik tersebut, memiliki dasar hukum yakni Surat Keputusan (SK) Wali Kota.

“Jadi karena minimnya pendanaan yang ada di PMI sehingag kami menggugah masyarakat untuk membantu. Intinya dalam hal ini kemanusiaan,” ujarnya

“Kami juga  didukung oleh aturan-aturan dan artinya ini ada SK nya yang dibuat oleh bapak Wali Kota dan kita semua mengacu pada sukarela, intinya tidak ada hal-hal yang menjadi paksaan dan lain sebagainya,”

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan ini mengungkapkan, dana publik yang dikumpukan akan dipertanggungjawabkan. Dana yang dihimpun mulai dariu pelajar, mahasiwa, perusahaan-perusahaan, termasuk juga PKK   

“Nanti juga semua aka nada transparansi dalam hal ini, laporan ke masyarakat, karena ini adalah pengumpulan dana publik. Jadi kami mohon kepedulian dari masyarakat untuk membangun PMI,” ujarnya.

Sejauh ini PMI telah menyebar sekitar 400 ribu kupon yang nilainya bervariasi mulai dari Rp 2000,- Rp 2.500,- dan Rp 5.000. Kupon itu sudah disebar ke sekolah-sekolah, ke masyarakat, perusahaan, termasuk BMUM dan perbankan maupun SKPD.

“Yang sudah disebar ada sekitar 400 ribu kupon lembar, yang paling utama kan ke masyarakat, ke sekolah dari SD, SMP, SMA. Kemudian ke masyarakat melalui RT, Lurah dan Camat. Kupon mulai Rp 2.000 untuk SD, Rp 2500 SMP-SMA dan  Rp5000 umum,” ujarnya  

“Terus kemudian ke SKPD, PKK, kemudian dinas-dinas kayak capil, ada juga dinas kesehtan, rumah sakit ada beberapa ke isntansi vertical, kemudian ada juga ke pengusaha, perbankan, BUMN,”

Dia menambahkan, juga akan menghimpun dana publik melalui online yang rencananya akan dimulai dalam waktu dekat. Termasuk mereka yang mendonorkan darah di PMI Balikpapan juga bisa berpartisipasi.

“Online usulan terbaru tidak terpikirkan walaupun sekarange era digital, tetap akan kita lakukan, terobosan, karena nomor rekening sudah ada, dalam waktu dekat ini. Yang penting prinsip kami untuk kemanusiaan dan sosial, dan relawan dan transparansi,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pangdam VI/Mlw Hadiri Undangan Danguspurla Koarmada II di KRI I Gusti Ngurah Rai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pangdam VI/Mlw Mayjend TNI Heri Wiranto, menghadiri undangan Komandan Guspurla Koarmada II …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.