kebakaran hutan

Polda Kaltim Pantau Karhutla Melalui Aplikasi Lembuaswana, Waspadai Perkebunan Sawit

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memasuki musim kemarau yang kemungkinan akan terjadi, Polda Kaltim kni terus memantau potensi terjadinya terjadinya kebakaran hutan dan lahan (kahutla).

“Kita sampai bulan ini masih musim hujan, tapi kita sudah siap. Kita kan sudah pasang aplikasi lembuswana di polda itu,” ujar Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto disela-sela vaksinasi di Gedung BSSC Dome Balikpapan, Kamis (03/02/2022)

Dia mengatakan, melalui aplikasi lembuswana terus dipantau kemungkinan terjadi karhutla diiwlayah-wilayah yang berpotensi munculnya titik api, khususnya perkebunan sawit.

“Alhamdulilah itu atas dukungan dari bapak Gubernur, itu akan kita optimalkan untuk mendeteksi terjhadinya kahutla diwiayah-wilayah yang potensial. Terutama tempat-tempat yang ada perkebunannya sawit,” ujarnya

Kata dia, rencananya bulan depan akan digelar rapat koordinasi pencegahan dan penanganan karhutla. Mengecek kesiapan sarana dan prasarana maupun petugas di lapangan.

“Insya Allah di bulan Maret kita akan konsolidasi untuk semua stakeholder. Kita akan apel kan secara keseluruhan negcek sarana ptrasarana dan petugasnya untuk antisipasi kahutla,” ujarnya

Dia pun mengimbau, masyarakat untuk tidak membakar sembarangan yang bisa berpotensi terjadi karhutla. “Kalau membakar lahan harus di komunikasikan aparat setempat,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Depo Terminal Kontainer Jadi Kado HUT ke 121 Kota Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.