Akis bersih-bersih pantai Lamaru yang dilakukan manajemen dan karyawan

PT. CBK Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai Lamaru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – PT ABM Investama melalui anak usahanya di bidang logistik, PT Cipta Krida Bahari (CKB) melakukan aksi bersih-bersih pantai khususnya di di Pantai Smacly Lamaru, Minggu (9/10) pagi.

Aksi bersih-bersih pantai ini bukan yang pertama kali dilakukan PT. CKB. Karena sebelumnya, PT. CKB juga melaksanakan kegiatan yang sama di Pantai Banua Patra dan Pantai Seraya di Sepinggan Raya beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk mendukung program pengurangan sampah khususnya di Balikpapan, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan,” kata Direktur CKB Logistik, Ety Puspitasari.

Dia mengatakan, meski aksi bersih-bersih pantai tersebut, belum mampu menyelesaikan masalah sampai di pesisir pantai. Namun dapat menjadi momentum bagi masyarakat Balikpapan untuk semakin mencintai kawasan pantainya.

Kata dia, aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan PT. CKB juga sebagai upaya untuk mewujudkan peraturan daerah terkait kebersihan lingkungan. Dari kegiatan bersih-bersih pantai  tersebut, terkumpul sekitar 3 ton sampah plastik.

 “Masyarakat harus memahami bahwa menjaga kebersihan pantai tanggung jawab bersama. Ini juga sebagai komitmen kami untuk mendukung program Pemkot Balikpapan, salah satunya dalam pengurangan kantong plastik,” ujarnya.

.“Masyarakat harus memahami bahwa menjaga kebersihan pantai tanggung jawab bersama, apalagi pantai merupakan aset penting dan memiliki nilai ekonomi tinggi jika dikelola dengan baik melalui program wisata,”

Sementara sampah yang dikumpul dari hasil bertsih-bersih pantai tersebut, dibawa ke pusat pengelolaan sampah untuk diolah lebih lanjut, diantaranya sampah plastik dimanfaatkan untuk membuat bahan bangunan yang bernilai ekonomis.

“Pengolahan sampah plastik ini dilakukan oleh pemuda-pemuda Kota Balikpapan yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Lamaru,” ujarnya.

Selain di Kota Balikpapan PT. ABM Investama Grup  juga melakukan kegiatan yang sama di sejumlah daerah di Indonesia dianyaranya di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Kegiatan ini sekaligus dukungan terhadap program Indonesia Bergerak Bebas Sampah 2020 yang dicanangkan Pemerintah.

Baca juga ini :  Presiden Resmikan Bandara Ngloram Blora Seluas 3.200 Meter Persegi

“Kami juga ikut memberikan edukasi kepada masyarakat. Diantaranya adalah edukasi mengenai program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) kepada puluhan siswa SMK beserta tenaga pengajar,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto mengapresiasi gerakan bersih-bersih pantai yang dilakukan perusahaan maupun masyarakat. Karena sebagai bagian dari kepedulian untuk selalu menjaga kebersihan laut.

“Tentu kegiatan tersebut sangat bagus, selain untuk membersihkan laut dan pantai, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan laut. Apalagi 20 persen sampah yang masuk ke TPA Manggar berasal dari sampah yang berada di tepi pantai,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.