Puluhan Lansia Balikpapan Ikut Program Katam Al Qur’an

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Puluhan lansia mengikuti program Katam Al Qur’an yang digelar Masjid Ash Shiddiq Gunung Guntur, Balikpapan Tengah. Sebelum katam, lansia mengikuti program baca Qur’an dan jika sudah bisa mareka mengikuti katam Qur’an secara massal.

Ketua Panitia acara Muhammad Aini mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu dan dituntas atau khatam Qu’an pada Minggu kemarin yang diikuti 23 orang lansia.

Mereka berasal dari warga sekitar Masjid Ash Shiddiq yang mengikuti kataman Alquran sejak beberapa bulan lalu. Minggu kemarin sebanyak 30 juz telah diselesaikan membaca Al Qur’an oleh 23 orang lansia.
Menurutdari 23 lansia didominasi perempuan yang mengikuti kataman membaca Alquran di Masjid tersebut.

” Acara Khataman Alquran Lansia ini sudah kita laksanakan sejak 2010.Tahun ini merupakan angkatan ke-5 Masjid Ash Shiddiq Gunung Guntur. Teknis mereka membaca secara bergantian, ” ujarnya,

Meski usia tak lagi muda namun warga lansia di sekitar Masjid tersebut tak menyurutkan semangat untuk membaca Al Qur’an hingga selesai.

“Biasanya usai Idul Firi kita sudah katam tapi untuk tahun ini sedikit terlambat baru bisa digelar awal tahun,” ucapnya.

Alasannya pemilihan peserta dari lansia kata Aini, karena selama ini untuk kalangan anak sudah juga dilaksanakan sehingga ingin ada peningkatan agar khatam Al Quran tidak hanya bagi anak tetapi semua tingkat usia.

“Mungkin saat muda mereka tidak sempat baca Al Qu’ran atau khilaf, untuk itu saat ini kita beri kesempatan,” katanya .
Dengan kegiatan ini diharapkan orang tua terutama lansia tetap menjadikan Al Qur’an sebagai bacaan wajib untuk memberikan ruang bagi keluarga terutama anak-anak do rumah menggemari membaca Al Qur’an.

Baca juga ini :  RSUD Kanudjoso Tak Layani Lagi Rawat Inap Pasien BPJS Kesehatan

“Nanti ini senantiasa bagaimana ayat-ayat suci Alquran ini selalu dikumandangkan meski lansia tetap menjadi insan yang Qurani,” tutur Muhammad Aini.

Kegiatan rutin ini juga untuk meramaikan dan mensyiarkan Al Qur’an di masjid Ash Shiddiq dan umumnya di Kota Beriman Balikpapan. Karena membaca ayat suci ini penting untuk ketenangan hati.

“Ini yang khusus lansia, anak-anak TPA Masjid Ash Siddiq juga melakukan hal serupa. Jadi, kami menginginkan supaya ayat suci ini terus dikumandangkan. Karena membaca Alquran banyak manfaatnya, orang yang sering membaca Alquran hatinya ditenangkan oleh Allah SWT, orang itu selalu tenang pikirannya, tidak mudah marah dan menjadi insan penyabar,” jelasnya.

Sebelumnya pengurus Masjid Ash Shiddiq memberikan pelajaran baca Al Qur’an selama 1 tahun lebih menjalani kepada Lansia maupun anak-anak. Program membaca Al Qur’an hingga bisa dan mencapai lancar, serta fasih kemudian mereka diperkenankan mengikuti acara Kataman Al Qur’an.

“Tidak semuanya bisa, ada yang mulai dari Iqro, tapi kalau sejak awal memang niat belajar pasti bisa,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.