Ramadhan, Baznas Bagi 1000 Paket dan Gelar Pesantren Anak Jalanan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Balikpapan menyiaapkan berbagai program yang akan dilakukan pada bulan Ramadhan tahun ini. Hal itu disampaikan Kepala BAZNAS Kota Balikpapan Sarjono.

Baznas Kota Balikpapan akan membagikan sebanyak 1000 paket ramadhan berkah khususnya bagi warga yang tidak mampu ataupun membutuhkan. Termasuk petugas kebersihan yang bertugas di lapangan.

Selain itu, program lain yang akan dilakukan yakni menggelar pesantren ramadhan untuk anak-anak jalanan bekerjasama dengan PKK. Ditargetkan sekitar 100 anak jalanan yang ikut. Termasuk program untuk edukasi zakat.

“Untuk pesantren Ramadhan ini ada tiap tahunnya, biasa yang ditargetkan sekitar 100 anak untuk keseluruhan se kota Balikpapan. Selain itu juga ada program untuk edukasi zakat bekerjasama dengan dai yang memberikan ceramah mengenai kesadaean zakat,” ujar Sarjono.

Dia mengungkapkan, juga ada sejumlah program baru yang akan dilaksanakan, dan diharapkan bisa mempermudah lebih banyak masyarakat untuk berbagi atau melakukan zakat. Jemput bola ini dilakukan dengan sistem buka gerai oleh Baznas.

“Yang baru nanti ada semacam jemput bola di beberapa gerai kami. Karena selama bulan Ramadan biasanya kesadaran untuk berzakat meningkat,” ujarnya.

Dia menambahkan, lokasi gerai tersebut berada di kawasan tempat yang mudah di datangi masyarakat. Ada kira-kira 6 gerai yang akan disiapkan. Selama ramadhan biasanya penghimpunan zakat bisa mencapai Rp 750an juta. Jumlah ini dua kali lipat jika dibandingkan dengan bulan bulan biasa.

“Jadi akan memudahkan Muzakki untuk langsung membayar zakat di situ. Nanti akan ada 6 gerai, bisa di mall atau permukiman,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Problem Terbesar Atasi Penularan Covid-19, Kedisiplinan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.