Kegiatan Penguatan Kapasitas bagi para Pelaku Ekraf Sub Sektor Fashion. bertajuk “Road to Nusantara Fashion Week: Peluang Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion dalam Mempersiapkan Ibukota Nusantara” pada hari Rabu (26/10/2022).

Road To Nusantara Fashion Week, Hetifah Fasilitasi Penguatan SDM Pelaku Fesyen Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian bekerjasama dengan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekoomi Kreatif (Kemenparekraf RI) menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Kapasitas bagi para Pelaku Ekraf Sub Sektor Fashion.

Kegiatan tersebut, bertajuk “Road to Nusantara Fashion Week: Peluang Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion dalam Mempersiapkan Ibukota Nusantara” pada hari Rabu (26/10/2022).

Hetifah juga hadir sebagai narasumber, bersama Koordinator Perencanaan dan Anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Herbin Saragi dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Ratih Kusuma, Anggota Kehormatan APPMI Pusat Tuti Handayani, dan Wakil Ketua Bidang Keuangan/ pendiri APPMI Naniek Rachmat.

Ratih menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang mengundang para pelaku sub sektor Fesyen.

“Hal ini penting sebagai kolaborasi pemerintah pusat dan daerah untuk mengajak para pelaku Ekraf dalam meningkatkan kompetensi khususnya di bidang fesyen” jelasnya.

Herbin Saragi menekankan bahwa kerjasama kuat antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga ini menjadi upaya bersama untuk pembangunan Pariwisata dan Ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

Hetifah Sjaifudian yang juga anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur menyampaikan bahwa Subsektor penyumbang terbesar terhadap PDB Ekonomi Kreatif tahun 2020 masih didominasi oleh subsektor FKK (Fashion, Kuliner, Kriya).

Lebih lanjut Hetifah menyampaikan, bukannya menurun, ekspor fashion Indonesia justru meningkat 19.59% selama pandemi dan mencapai USD 7.64 Milyar.

“Pendekatan wastra Kaltim untuk IKN harus fleksibel namun tetap mempertahankan identitas lokal” tandasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Wujudkan Stabilitas Keamanan Perbatasan 3 Negara, Gelar Latma Indomalphi 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.