Barang bukti sabu dan pelaku yang diamankan

Satgas Pamtas Gagalkan Penyeludupan Satu Kg Sabu dari Malaysia ke Sebatik Nunukan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia – Malaysia menggagalkan penyeludupan narkoba jenis sabu seberat kurang lebih satu kg pada Jumat (05/08/2022).

Sabu tersebut, dibawa olah seseorang dari Tawau, Malaysia. Rencananya akan dibawa menuju Desa Aji Kuning Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Namun berhasil digagalkan petugas.

Kepala Penerangan (Kapendam) VI Mulawarman  Kolonel Inf Taufik Hanif mengatakan, berawal informasi bahwa akan ada sabu seberat satu kg yang diseludupkan dari Malaysia ke Kecamatan Sebatik, Nunukan.

Informasi itu diterima Pasi Intel Satgas Pamtas Yonarmed 18 Komposit Lettu Arm Moch. Rizky Kurnia, dari Kanit Opsnal Satreskoba Polres Nunukan Ipda Disco Barasa. Sehingga pengawasan ditingkatkan di Pos Penjagaan

“Informasi tersebut ditindaklanjuti oleh anggota jaga dalduk di Pos Aji Kuning dengan meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan setiap kapal yang datang dari Tawau Malaysia. Dan setelah diadakan pemeriksaan oleh anggota pos jaga, berhasil ditemukan barang bukti sekaligus tersangka inisial DS, “ ujar Kapendam dalam siaran persnya

Sabu tersebut, dibawa DS dalam ransel berwarna hitam. Saat dilaksanakan pemeriksaan di pelintasan  batas. DS terlihat gugup dan panik sehingga membuat petugas curiga dan akhirnya berhasil diamankan.

Sabu tersebut dibungkus dalam kemasan susu kedelai soya berukuran sedang. Pratu Edi Purnomo yang melaksanakan pemeriksaan menemukan sabu tersebut dalam dua kemasan susu kedelai dan dibungkus menggunakan plastik bening.

Sabu tersebut di kemas dalam 21 plastik bening ukuran sedang seberat 1.000 gram  dan langsung diamankan. Termasuk dua unit telepon seluler merk Vivo dan samsung, satu pasport dan KTP atas nama DS., dompet warna coklat, tas gendong dan uang tunai Rp 400 ribu, sebagai barang bukti.

Baca juga ini :  Borneo FC Matangkan Penyelesaian Akhir

“Untuk proses hukum tersangka  dan barang bukti selanjutnya di bawa Makotis yang selanjutnya diserahkan kepada Satreskoba Polres Nunukan,” ujarnya

“Ini prestasi luar biasa yang mereka berikan kepada negara dan TNI, menjelang purna tugas dimana mereka berhasil mengungkap peredaran narkoba,” ujarnya

Kapendam menambahkan, petugas Pamtas yang berhasil menggagalkan penyeludupan tersebut, yakni Kapten Arm Badrul Alam, Lettu Arm Moch. Rizky Kurnia H, S.T.Han., Kopda Palma Putra, Kopda Windi Kriswanto , Praka Wahyudi Setyawan, Pratu Edi Purnomo.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.