Presiden saat melaksanakan pelaksanaan salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Senin (02/05/2022)

Sebanyak  85,5 Juta Jiwa, 23 Juta Mobil dan 17 Juta Sepeda Motor Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo memastikan arus mudik lebaran tahun ini berjalan lancar. Hal itu disampaikan Presiden usai melaksanakan pelaksanaan salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Senin (02/05/2022)

Namun diakuinya, masih terjadi antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Hal itu kata dia, dikarenakan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

“Memang volume kendarannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada,” ujarnya

“Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi,”

Menurutnya, mudik ;ebaran tahun ini memang diikuti oleh jumlah masyarakat yang tidak sedikit. Setidaknya 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik ebaran tahun ini.

Seperti halnya saat melakukan perjalanan mudik, Presiden Jokowi juga mengimbau agar masyarakat bisa melakukan perjalanan balik lebih awal.

“Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal,” ujarnya

“Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni.”

Dalam kesempatan itu Presiden juga bersyukur pelaksanaan salat Idulfitri berjalan dengan baik dan lancar. Presiden juga turut memantau pelaksanaan salat Idulfitri di wilayah lain di Tanah Air.

“Alhamdulillah tadi salat ied di Gedung Agung, di Istana, berjalan dengan baik, semuanya lancar dan alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri tahun ini,” ujarnya

“Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, alhamdulillah.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.