Andi Sri Juliarti

Sempat Mengalami Batuk dan Pilek, Turis asal China Dipulangkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Dua turis asal China, ayah dan anak yang sempat berlibur di Pulau Derawan Kabupaten Berau, akhirnya dipulangkan, Senin (03/02). Demikian disampaikan Kepada Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti.

“Ada warga China yang sedang berlibur wisata dia kesini memang ada batu pilek setelah menyelam di Derawan, bukan berlibur di Balikpapan,” ujarnya.

Namun setelah menjalani isolasi dan pemeriksaan laboratorium di di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Minggu (02/02, kedua turis asal China itu negatif terjangkit virus corona yang kini tengah mewabah.

“Menyelam di Derawan, kemudian ada batu pilek tapi konfirmasi hasil laboratoriumnya, hasilnya negatif,” ujar dia.

Setelah merebaknya virus corona di sejumlah negara khususnya Asia, memang WHO mewajibkan agar setiap orang yang akan bepergian ke luar negeri harus dinyatakan sehat terlebih dahulu.

“Jadi untuk pulang mereka butuh konfirmasi kesehatan karena batuk pilek. Jadi kita konfirmasi di periksa lab negatif,” ujarnya .

Meskipun kata dia, berdasarkan infomrasi dari Kementerian Luar Negeri, penerbangan ke China dari Indonesia maupun sebaliknya dihentikan sementara. Namun kedua turis asal China tersebut tetap dipulangkan.

“Jadi hari ini mereka kita pulangkan. Ya sempat dilakukan pemeriksaan khusus lab, dio Puslitbangkes,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  87 Warga Kampung Baru Ikut Rapid Test Massal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.