Presiden Joko Widodo /Sekretariat Presiden

Singgung Soal Kebebasan Beragama, Presiden Jokowi : Seluruh Agama Punya Hak yang Sama Dijamin Konstitusi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Indonesia di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Dalam Rakornas itu, Presiden Jokowi menyinggung soal sulitnya pembangunan rumah ibadah. Karernanya dia mengingatkan, para kepala daerah bahwa konstitusi menjamin pembangunan tempat ibadah.

“Mumpung juga ketemu bupati dan wali kota mengenai kebebasan beribadah dan kebebasan beragama, ini hati-hati,” kata Jokowi dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Jokowi menyebut kalau seluruh agama yang diakui oleh negara itu memiliki hak yang sama dalam menjalankan dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya. Hak mereka juga dijamin konstitusi.

Bukan hanya kepala daerah, pesan itu disampaikan juga Jokowi bagi jajaran pimpinan Polri dan TNI. Ia tidak mau kalau konstitusi itu malah kalah dengan kesepakatan bersama.

“Ada rapat FKUB misalnya sepakat tidak memperbolehkan membangun tempat ibadah. Hati-hati loh. konstitusi kita hati-hati loh menjamin itu,” ucapnya.

Dia memahami, masih ada di sejumlah daerah yag sulit membangun rumah ibadah. Mantan Gubernur Jakarta itu mengku, sedih ketika ada warganya yang kesulitan untuk beribadah.

“Meskipun hanya 1, 2, 3 kota dan kabupaten tapi hati-hati mengenai hal ini. Karena saya liat masih terjadi. Kadang-kadang saya berpikir sesusah itukah orang yang akan beribadah. Sedih kalau kita mendengar,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Pesan Presiden Jokowi untuk Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.