Kepala DLH Balikpapan Sudirman Djayaleksana

Sudirman : 50 Persen TPS Sampah di Balikpapan Tidak Layak

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan mengakui ada beberapa Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah yang rusak.

Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayakeksa mengatakan, pihaknya mengakui sebanyak 50 persen TPS sampah di Kota Balikpapan mengalami kerusakan, sehingga secara bertahap akan dilakukan proses pergantian.

“Memang ada 50  persen TPS yang pada rusak, kedepan akan dilakukan penataan khususnya di dalam pemukiman, bukan lagi TPS tapi menggunakan bak kontainer sehingga tenaga kerja yang digunakan bisa sedikit,” ujar Sudirman Djayaleksana kepada Inibalikpapan.com, Rabu (17/8/2022).

Dirman biasa Sudirman Djayaleksana menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan upaya pengurangan TPS sampah, sehingga Kota menjadi lebih bersih, apalagi menangani sampah tidak bisa sendiri hanya DLH tapi butuh dukungan semua pihak.

“Kedepan kami berencana mencoba mengurangi TPS pinggir jalan rencananya akan ada di permukiman, artinya bukan langsung dibuang tapi ada pemanfaatan lain misalnya sampah organik buat kompos,” akunya.

Sehingga sampah yang dibuang hanya sisa- sisa yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, sampah yqng dibuang ke TPA juga menjadi semakin sedikit sehingga masa pakainya lebih panjang.

“Dan ini harus bekerja sama semua pihak, swasta dan  masyarakat terlibat bersama,” imbuhnya.

Selain itu, juga dengan membangkitkan kembali bank-bank sampah yang selama ini sedikit berkurang aktivitasnya, dari ratusan bank sampah hanya ada 50 persen yang masih aktif.

“Termasuk mengajak LSM peduli lingkungan dan sekolah-sekolah melalui program adiwiyata membudidayakan hidup bersih di lingkungan agak berat kesadaran masyarakat untuk ciptakan bersih lingkungan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Balikpapan memberikan saran agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan bisa menambah penggunaan bak sampah kontiner tertutup. Hal ini disampaikan dalam rapat dengan pendapat beberapa waktu lalu.

Baca juga ini :  Pemerintah Bandingkan Harga BBM dengan Negara di ASEAN, Jauh Lebih Murah

Anggota DPRD Komisi III Kota Balikpapan Syarifuddin Odang mengatakan, saat ini banyak sampah-sampah yang berserakan dipinggir jalan terutama di bak – bak sampah terbuka. Dan tentunya pemandangan ini tidak nyaman untuk dilihat dan disisi lain juga menimbulkan bau tidak sedap.

“Keadaan di Balikpapan sekarang ini, banyak sampah berhamburan ke jalan di bak-bak sampah terbuka, sehingga kita sarankan untuk menggunakan kontainer yang tertutup itu,” ujarnya

Oddang sapaan akrabnya menambahkan, dengan menggunakan bak sampah kontainer tertutup, maka akan memudahkan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam melaksanakan pekerjaannya

Oddang sapaan akrabnya menambahkan, dengan menggunakan bak sampah kontainer tertutup, maka akan memudahkan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam melaksanakan pekerjaannya.

“Petugas tidak lagi harus membersihkan sampah disekitar bak, mereka hanya tinggal angkat,” jelasnya.

Namun demikian, katanya, atas saran tersebut, baik Komisi III DPRD Kota Balikpapan dan Pemkot Balikpapan, masih akan melakukan kajian lagi karena pengadaan bak sampah container memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

“Tapi kita juga melihat jumlah anggaran, ini kita godok. Itu yang sementara kita kaji ini,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.