Gerbang UMKM yang di gelar Bank Indonesia Balikpapan di Plaza Balikpapan

Tahun Ini BI Balikpapan Telah Fasilitasi Pembiyaan UMKM Senilai Rp 2,7 Miliar, DPUMKMP Apresiasi

BALIKPAPAN. Inibalikpapan.com – Dalam rangka membangkitkan ekonomi daerah Bank Indonesia (BI) Balikpapan melalui Gerakan Bangga dan Bangkit (Gerbang) memfasilitasi pembiayaan UMKM sebesar Rp 2,7 miliar tahun ini.

Sementara untuk penguatan rantai nilai halal UMKM, BI juga telah melaksanakan kegiatan Festival Gerbang Halal 2022 dengan memfasilitasi sertifikasi halal kepada 15 pelaku UMKM di Kota Balikpapan, business matching pondok pesantren dan pembiayaan usaha syariah dengan nilai Rp 6,027 miliar.

“Gerbang UMKM merupakan event tahunan Bank Indonesia Balikpapan yang akan terus dilaksanakan untuk memberikan ruang showcase dan peningkatan kapasitas para UMKM di wilayah Balikpapan dan sekitarnya,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia R. Bambang Setyo Pambudi dalam keterangan tertulisnya.

Plt Kadis Koperasi UMKM dan Perindustrian Rosdiana menyampaikan apresiasi atas kebijakan dan dukungan BI Perwakilan Balikpapan untuk pemberdayaan UMKM di Balikpapan. Baik dalam bentuk pelatihan maupun permodalan atau fasilitas lainnya.

” Tentu ini bentuk dukungan luar biasa dari Bank Indonesia khususnya di Balikpapan untuk perkembangan dan kemajuan UMKM. Ini sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi UMKM ini,” ujarnya.

Pihaknya mendukung penuh langkah BI dan kolaborasi ini sebagai bagian dari upaya bersama memberdayakan dan memajukan UMKM khususnya di Balikpapan.

BI juga telah mengikutsertakan UMKM unggulan pada beberapa event nasional diantaranya Karya Kreatif Indonesia, Jakarta Fashion Week, Festival Pamor Borneo, Festival Ekonomi Syariah Kawasan Indonesia Timur, IKRA dan juga keterlebitan UMKM pada event skala internasional yaitu Dubai Expo dan Paris Fashion Week.

Sementara, selama dua hari 14-15 Oktober 2022, BI Balikpapan menggelar Gerbang UMKM di Atrium Balikpapan Plaza. Gerbang UMKM mengangkat tema “Bangkit Bersama UMKM, Sambut IKN”

Baca juga ini :  Ekonomi Kaltim Tumbuh 5,38 Persen, Tapi Masih Bergantung Sektor Batubara

Deputi Kepala Perwakilan Ratna Wardaningsih yang menyampaikan capaian selama Gerbang UMKM 2022 yaitu terdapat 100 UMKM yang berpartisipasi aktif dalam mengikuti kurasi produk unggulan.

Lalu 40 UMKM yang mengikuti Business Matching Ekspor Pasar Timur Tengah dan Tiongkok, dimana 30 UMKM layak ekspor dan proses ekspor akan didampingi oleh Agregator.

Dalam penyelenggaraannya, sekitar 1500 orang mengunjungi Gerbang UMKM 2022 di Plaza Balikpapan pada tanggal 14-15 Oktober 2022 dengan total omser penjualan selama pameran sekitar Rp 251 juta.

Beberapa perlombaan dan kurasi selama gelaran Gerbang UMKM juga telah dilaksanakan yaitu apresiasi kepada booth terbaik, teredukatif, dan terinovatif, lomba Manuntung QRIS untuk Pelaku UMKM yang menjadi peserta showcase berupa perlombaan jumlah frekuensi transaksi merchant QRIS,

Disamping, pengumuman kepada 10 UMKM yang lolos kurasi diantaranya untuk kategori kuliner yaitu Makanja Coffee, Maximal Food, Wedang Dayak, Chacaos, Jaya Rasa, Triangle Brownish, dan Fili Bakery, serta kategori kriya yaitu Buen Were, Iwatik, dan Shaho.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.