Presiden Joko Widodo sesaat akan tinggalkan Kaltim /ist

Tinggalkan Kaltim, Presiden Jokowi Dipastikan akan Kembali Pantau Pembangunan IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com -Tepat pukul 15.35 Wita, helikopter Super Puma TNI AU yang membawa Presiden Joko Widodo dari Kutai Barat mendarat di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Jumat (03/11/2023)

Kunjungan Presiden Jokowi ke Kutai Barat didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Tohir, serta Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Kutai Barat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai Barat yang dipusatkan di Alun-alun Itho Sendawar dan dihadiri Bupati FX Yapan, serta Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, beserta ribuan warga bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Kunjungan di Kutai Barat, merupakan agenda terakhir Kepala Negara dalam rangkaian lawatannya di Benua Etam Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN), selama tiga hari.

“Alhamdulillah, giat Bapak Presiden berjalan lancar dan sesuai jadwal,” ucap Pj Gubernur Akmal Malik di VVIP Room Bandara Sepinggan Balikpapan.

Akmal menjelaskan saat tiba di Balikpapan, tepatnya Selasa (31/10/2023), Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kaltim di Ballroom Hotel Novotel.

Berlanjut, Rabu (1/11/2023), Presiden melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bandara VVIP IKN, kemudian groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara dan Superblock Pakuwon Nusantara, Rumah Sakit Hermina serta Nusantara Intercultural School, dan berakhir di acara revitalisasi SD Negeri 020 Sepaku.

“Bapak Presiden bermalam di glamping IKN bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Ini untuk kesekian kalinya Beliau menginap di IKN,” jelas Akmal.

Selanjutnya, Kamis (2/11/2023), orang nomor satu Indonesia ini pun kembali melakukan groundbreaking Komplek Perkantoran Bank Indonesia.

“Sebelumnya, Pak Presiden bersama Menteri LHK, Ibu Siti Nurbaya Bakar, meninjau persemaian Mentawir, guna memastikan kesiapan jutaan bibit tanaman untuk menghutankan IKN,” ungkapnya.

Baca juga ini :  Persiba Balikpapan Keluhkan Kesulitan Cari Lapangan Standar

Berikutnya, Presiden didampingi para Menteri Kabinet Indonesia Maju meninjau pembangunan Sumbu Kebangsaan KIPP IKN dan menghadiri pertemuan Kompas 100 CEO, kemudian melakukan groundbreaking gedung kantor BPJS Ketenagakerjaan dan PLTS 50 MW.

Dan pada Jumat (3/11/2023), Presiden Jokowi menghadiri puncak acara Festival Harmoni Budaya Nusantara 2023 di Lapangan Alun-alun Taruna Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku.

“Setelah itu, Pak Presiden berangkat ke Kutai Barat untuk menghadiri peringatan HUT dan Festival Dahau ke-24, sekaligus solat Jumat bersama di Masjid Agung Baiturrahim,” urai Akmal.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Presiden selama di Kaltim dan IKN, sehingga terlaksana sukses, aman dan lancar.

“Insyaallah Bapak Presiden kembali berkunjung ke Kaltim dan IKN, untuk melihat perkembangan IKN, sekaligus melakukan groundbreaking proyek-proyek di IKN,” pungkasnya.

Presiden Jokowi beserta rombongan lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan bertolak kembali ke Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan.

Turut mengantar Presiden, Panglima TNI Laksamana TNH Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto.( adpimprovkaltim)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.