Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto saat meninjau posko di simpang Plaza Balikpapan

Tinggalkan Rumah untuk Mudik, Warga Diminta Lapor ke Babinsa dan Babinkamtibmas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto mengimbau warga sebelum meninggalkan mudik ke kampung halaman harus memastikan rumah dalam kondisi aman.

Hal itu disampaikan Imam Sugianto saat meninjau Posko lebaran di simpang tiga Plaza Balikpapan pada Minggu (01/05/2022) malam.

Dia meminta warga melaporkan ke babinsa ataupun babinkamtibmas sebelum meninggalkan rumah. Karena rumah-rumah kosong yang ditinggal pemudik menjadi perhatian kepolisian.

“Tolong lampu, listrik, gas dan lain-lain betul-betul dicek kemudian dilaporkan ke babinsa sama babinkabtimas. Rumah-rumah kosong terutama yang menjadi sasaran kita,” ujarnya

Selan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian, juga kebakaran. Mengingat kasus kebakaran di Kota Balikpapan sangat tinggi. Bakal ada patroli gabungan ke rumah-rumah yang ditinggal mudik.

“Saya mengimbau ke masyarakat untuk rumah-rumah kosong yang ditinggalkan dalam rangka merayakan lebaran, tolong dilaporkan ke babinsa sama babinkabtimas,” ujarnya

“Mereka (babinsa dan babinkabtimas) udah tahu akan tugasnya yaitu melaksanakan patroli bersama untuk mengamankan kejadian-kejadian , pencurian dan lain-lain,”

Dia juga mengingatkan masyarakatagar merayakan Idulfitri tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Tetap prokes, Dalam rangka keamanan diri dan keluarga masing-masing,” ujarnya

Sementara terkait keamanan, sejauh ini dari laporan yang dia terima dari 28 April hingga 1 Mei 2022, tidak ada kejadian yang mengkhawatirkan. Khususnya Balikpapan, semuanya terkendali.

“Alhamdulilah dari tanggal 28 April sampai 1 Mei ini tidak ada kejadian yang menonjol. Khususnya Balikpapan, semuanya terkendali,” ujarnya.

Kata dia, dalam dua hari terakhir pusat perbelanjaan yang diserbu warga. Bahkan pada 30 Mei dalam sehari tercatat ada sekitar 60 ribu warga yang berbelanja ke mal dan 1 Mei 15 ribu.

“Jadi kemarin (Sabtu) itu total satu hari dari pagi sampai malam itu total 60 ribu.Hari ini (Minggu) kurang lebih 15 ribu,” sebutnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.