Uniba Kenalkan Mobil dan Motor Listrik

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan (Uniba)membuat terobosan terbaru. Dengah membuat motor dan mobil listrik.

Ketua Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Uniba Ir.Siska Ayu Kartika menjelaskan pengerjaan motor listrik ini selama kurang lebih setahun sedangkan mobil 8 bulan dikerjakan oleh mahasiswa sebagai salah satu objek tugas akhir skirpsi.

“Ini merupakan hasil penelitian mahasiswa dan dosen. Berkolaborasi melakukan penelitian salah satu output nya motor listrik dan surya panel. Sebuah kebanggaan tersendiri,” ujar Siska, Sabtu (19/11/2022) 

Kata Siska, pembuatan motor dan mobil listrik salah satu cara media pembelajaran bagi mahasiswa, dan juga komitmen dalam mendukung energi baru terbarukan, mengurangai bahan bakar minyak atau fosil menggunakan tenaga surya.

“Projek pertama kami itu motor listrik dikembangkan tahun lalu kolaborasi mahasiswa dan dosen, baru berkembang dengan mobil listrik,” ujar Siska.

Dimana mahasiswa belajar dari awal perencanaan, membuat desain uji simulasi dengan software untuk ketahanan, setelah itu penentuan jenis material yang digunakan, dan besar motor penggeraknya.

“Biaya lebih dari Rp 100 juta dan berat 80 kg untuk mobil,  untuk uji performa motor sekali case 2 jam dengan waktu tempuh 60 km,” pungkasnya 

Comments

comments

Baca juga ini :  Epidemiolog Universitas Griffith Australia Sebut Varian Delmicron Hoaks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.