Wagub Irup HUT ke 75 Tahun TNI AU, 3 Prajurit Terima Penghargaan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Upacara HUT TNI Angkatan Udara ke 75 Tahun di mako Lanud Dhomber, Balikpapan dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah undangan terbatas mengingat masih dalam situasi Covid-19, di Mako Lanud Dhomber, Balikpapan, Jumat (9/04/2021). Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi bertindak sebagai inspektur upacara HUT TNI AU.

Dalam kegiatan ini, TNI AU memberikan penghargaan kepara tiga prajurit Lanud Dhomber Balikpapan yang berprestasi. Penyemangat penghargaan dilakukan Wagub Kaltim didampingi Danlanud Balikpapan. Wagub dalam upacara membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI AU Prasetyo mengatakan TNI AU harus melihat dinamika startegis dalam kurun waktu 1 hingga 2 dekade terakhir yang terus berkembang.

“Saya memandang tantangan yang kita hadapi kedepan akan semakin bergerak maju, sering kemajuan teknolgi zaman yang tidak bisa diprediksi, TNI AU pun mendapat tantangan yang berbagai macam dan semakin kompleks dan perna tidak terbayang sebelumnya,” ujar Wagub.

Terlebih lagi ancaman itu tidak bersifat liner, tapi juga bersifat hibrida dan asimetris, yang bahkan perkembangan dengan persenjataan nonkinetik. “Untuk itu TNI AU harus mampu beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi, berangkat akan hal itu saya bertekad mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan, yakni TNI AU yang bisa bertransformasi dan senantiasa mampu mewujudkan diri sebagai airpower dalam era yang dihadapi saat ini,” jelasnya.

Terlebih lagi kehadiran TNI AU menjadi faktor pendorong pembangunan nasional yang berkesinambungan, dimana kunci mencapainya kembali kepada SDMnya angkatan TNI AU. “Sebagai generasi penerus kita harus wujudkan TNI AU yang disegani,” akunya.

Kegiatan ini dihadiri undangan dari Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, Kasdam VI Mulawarma Brigjen Erwin, GM AP I Balikpapan, Asisten I Pemkot Balikpapan, pimpinan DPRD Balikpapan, sejumlah perwakilan perusahaan, media. Usai upacara, Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kol Dedy Susanto memberikan plakat kepada Wagub Kaltim. Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang diberikan kepada prajurit Lanud Dhomber Balikpapan berprestasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.