Wali Kota Pastikan Pembangunan Sekolah dan Seragam Gratis Mulai Dilaksanakan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan secara bertahap akan melakukan pemerataan pendidikan, bukan hanya menambah sarana dan prasarananya, namun juga sumber daya seperti siswanya juga menjadi perhatian. 

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, untuk pemerataan akses pendidikan Pemkot Balikpapan pada tahun 2022 ini mulai membangun dua unit sekolah baru yang dilaksanakan dengan skema pendanaan tahun jamak (multiyears).

“Adapun nilainya sebesar Rp 90,73 milyar, yang terdiri dari pembangunan SMP di kecamatan Balikpapan Barat dan rencana pembangunan SD dan SMP terpadu di kecamatan Balikpapan Selatan,” ujar Rahmad Mas’ud saat diwawancarai Inibalikpapan.com, Rabu (9/2/2022).

Tak hanya itu juga akan diberikkan subsidi pendidikan kepada sekolah swasta dengan jumlah siswa yang mendapat subsidi SPP jenjang sekolah dasar sebanyak 19.859 siswa dengan dana subsidi sebesar Rp. 75 ribu per siswa.

“Sedangkan jenjang sekolah menengah pertama sebanyak 13.284 siswa dengan dana subsidi Rp 110 ribu per siswa,” imbuhnya. 

Pemerintah Kota Balikpapan juga memastikan pembagian seragam gratis dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Program pembagian seragam sekolah gratis ini merupakan salah satu realisasi janji politik dari Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud ketika mencalonkan diri di Pilkada Balikpapan 2020 lalu.

“Program tersebut telah dimasukan dalam rencana pembahasan APBD Kota Balikpapan tahun 2022 dan program tersebut merupakan salah satu realisasi dari visi dan misi kami,” ujar Rahmad.

Menurutnya, program bantuan ini berlaku bagi pelajar yang bersekolah di tingkat SD, SMP hingga SKB dimulai tahun 2022.

Dia menuturkan, penerima program bantuan seragam, hanya diberikan kepada pelajar yang baru mulai masuk sekolah. Seperti kelas 1 SD, 7 SMP dan SKB. Namun untuk pelajar TK tidak diberikan, karena seragamnya berbeda-beda.

Baca juga ini :  Lebaran, Pengunjung Pantai Manggar Diperdiksi Capai 30 Ribu

Rencananya, menurut Rahmad setiap siswa akan mendapatkan bantuan tiga stel seragam sekolah yang terdiri dari seragam pramuka, batik, merah putih untuk SD atau putih biru untuk SMP. Dengan bantuan untuk masing-masing pelajar.

“Untuk anggarannya akan berbeda-beda di setiap bidang. Yang jelas nanti akan ada seragam yang dibagikan kepada pelajar 3 set, yang pertama pramuka, merah putih untuk SD kemudian putih biru untuk SMP dan batik,” pungkasnya. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.