Air Keruh di Projakal, PTMB Langsung Lakukan Gerak Cepat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Managemen Perumda Tirta Manuntung Balikpapan menjelaskan terkait banyaknya keluhan pelanggan Air Perumda Tirta mengenai air yang keruh disejumlah tempat termasuk Jalan Projakal, Balikpapan Utara.

Petugas PTMB telah melakukan pengecekan dan benar terjadi telah terjadi penurunan kualitas air atau kekeruhan pada pelayanan air bersih di daerah tersebut.

Plt Direktur Teknik Perumda Tirta Manuntung Balikpapan M. Kohiruddin mengatakan bahwa petugas dari Tim bagian jaringan distribusi Perumda Tirta Manuntung Balikpapan sedang melakukan washout (penghanyutan) di daerah jalur pelayanan air bersih yang mengalami dampak kekeruhan.

“Hari ini ada keluhan gangguan kualitas oleh pelanggan di Jalan Projakal- Kariangau, saya minta petugas pastikan keluhan tersebut dan memang benar. Harapannya dengan washout ini dapat menormalkan air yang mengalami kekeruhan menjadi air jernih kembali seperti semula.

Kohiruddin menjelaskan ada dua kegiatan untuk menjaga kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan yakni Pertama, pemeliharaan rutin di IPA dengan cara melakukan pengurasan terjadwal secara rutin sesuai kapasitas IPA. “Jika kapasitas IPA besar maka setiap bulan dilakukan pengurasan, jika kapasitas IPA kecil maka 2 bulan sekali dilakukan pengurasan. Ini rutin dilakukan/sudah terjadwal. Ada 8 IPA yang rutin dilakukan pengurasan,” jelasnya.

Kedua adalah pemeliharaan rutin di jaringan pipa distribusi dengan cara pengurasan melalui pipa wash out atau WO yang penempatannya di elevasi terendah di daerah pelayanan. Kenapa hrs di elevasi rendah, harapannya agar sedimentasi di dalam pipa bisa terbuang semua.

” Untuk pengurasan di jaringan juga ada jadwalnya. Ada 5 wilayah pelayanan, ini bergantian per wilayah pelayanan, tujuannya agar debit dan tekanan di jaringan tidak drop sehingga keluhan gangguan aliran tidak terjadi,” terangnya.

Baca juga ini :  Tahun Ini, Perumda Tirta Manuntung Buatkan 2.000 Akses Lubang Sedot

Untuk keluhan kualitas yang diterima hari ini (8/12) terjadi di sekitar Balikpapan Utara makanya petugas melakukan buka pipa WO agar kualitas segera pulih.

Diakuinya penyebab gangguan kualitas ini juga disebabkan adanya kegiatan pemasangan pipa gas yang sedang dikerjakan yang melintas di Jala. Soekarno -Hatta dan jalan Projakal.
Seringnya pipa distribusi milik PTMB terkena dampak aktivitas penggalian tanah sehingga ada lumpur yang masuk ke dalam pipa saat proses perbaikan/penyambungan pipa kembali.

“Karena berulang kali terjadi kebocoran pipa distribusi maka terjadi sedimentasi di permukaan dalam pipa, saat tekanan di jaringan pipa distribusi besar maka sedimentasi itu hanyut terbawa aliran air,” ujarnya.

Hari ini kondisi keluhan di jalan Projakal – jalan Kariangau sehingga di jalur ini dilakukan pengurasan secara lokal. Lanjut Kohiruddin, durasi pengurasan tergantung luas daerah yang dilayani juga kepekatan kualitas airnya. Bisa cepat namun juga bisa lama.

“Pointnya yaitu sampai kualitas air jernih secara kasat mata. Sample air yang diambil juga dilakukan pemeriksaan ke laboratorium internal PTMB untuk diketahui PH, kekeruhan dan sisa chlor,” tandasnya

PTMB menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan pelanggan PTMB apabila terjadi keluhan terkait kekeruhan kualitas air bersih di rumah yang berlangsung selama 24 jam dapat segera melapor ke Call Center PTMB melalui telpon 0542 – 878991 / 878992 atau melalui WA Chat di nomor 0816200110.

“Kami dari Perumda Tirta Manuntung Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanannya terkait kualitas pelayanan air bersih yang terjadi saat ini,” ucap Kohiruddin.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.