Jalan Tol Balikpapan - Samarinda

Alat Deteksi Cuaca Bakal Dipasang di Tol Balikpapan – Samarinda

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jalan Tol Balikpapan – Samarinda akan dipasang alat deteksi cuaca. Hal itu disampaikan  Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan Ibnu Sulistyono.

Menurutnya, pemasangan alat deteksi cuaca tersebut, hal biaasa dilakukan di seluruh jalan tol. Sehingga nantinya bisa mendeteksi atau memantau cuaca di Kaltim maupun Kaltara. Begitupun dengan alat itu, cuaca akan terekam

“Soal pemasangan alat cuaca itu dampaknya positifnya jangka pendek dan panjang yang pasti soal prediksi prakiraan cuaca. Kita usulkan,” ujarnya

Dia mengungkapkan, alat tersebut juga akan sangat membantu untuk mempercepat proyek jalan tol yang rencananya bulan depan akan mulai diujicoba dan akhir tahun targetnya sudah akan mulai di operasikan.  

“Dalam masa sebelum pekerjaan membutuhkan informasi cuaca untuk perencanaan. Jadi membantu sekali jika ada alat ini,” ujarnya.

“Jadi bisa mengetahui prediksi cuaca, bisa bersifat jam, berupa peringatan dini, prakiraan cuaca harian sepanjang jalan di Tol,”

Hanya saja lanjutnya dia, karenba masih diusulkan sehingga menunggu persetujuan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) karena bukan hanya jalan Tol Balikpapan – Samarinda, tapi juga sejumlah jalan tol lainnya.

“Untuk alat yang terpasang nantinya sebagai data dukung informasi langsung dari skitar jalan tol yang nanti jika disetujui dipasang alatnya,” ujarnya “Jumlah masih kordinasi dengan pusat. Namun yang sudah-sudah harus ada di pintu masuk dan keluar, dan ditengah-tengahnya.”


Comments

comments

Baca juga ini :  Update Tanggal 15 Januari 2022 : Kasus Aktif Covid-19 di Kaltim Bertambah 9 Orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.