Balikpapan Islamic Center Mulai Digunakan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Masyarakat Balikpapan sejak Kamis mulai memanfaatkan keberadaan Balikpapan Islamic Center (BIC), meski  penyelesaian pembangunan Balikpapan Islamic Center (BIC)  tuntas pada Agustus 2016 mendatang.

Dua kegiatan yakni pada Kamis  siang  (23/6/2016) Walikota Balikpapan meresmikan bazar murah Ramadhan yang digelar di halaman Balikpapan Masjid Islamic Center. Bazar diikuti oleh 38 stand makanan, pakaian, sembako dan kebutuhan lainya.

Kedua, pelaksanaan sholat Taraweh dan peringatan Nuzulul Quran.

Walikota mengatakan pembukaan Bazar  ini merupakan uji coba penggunaan BIC untuk masyarakat  termasuk memberikan kesempatan ekonomi UMKM saat ramadan ini.
“Supaya kegiatan ekonomi masyarakat disini bisa berkembang. Masyarakat sekitar harus bisa memanfaatkan kehadiran islamic center ini,” katanya.

Dalam bazar ini stand milik Bulog dan Hypermart yang menyediakan barang  kebutuhan pokok termasuk daging murah diserbu masyarakat.
Meski cuaca panas, masyarakat rela antri.

Bulog menyediakan 10 dus tiap dus berisi 25 bungkus daging beku. Per kg dijual Rp80 ribu.

Selain diramaikan Bazar  Ramadan, BIC pada Kamis malam digunakan untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Kegiatan ini diisi oleh mantan Ketua MK Mahfud MD.

Kedepannya kata Rizal  penggunaan BIC saat ini aman dan masyarakat juga nanti dapat memanfaatkan untuk sholat Idul Fitri. “Aman aja itu digunakan,” tambahnya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris MUI Balikpapan Jailani mengatakan peringatan malam turunnya Al Quran ini akan dihadiri sektiar 5000 jamaah atau warga muslim Balikpapan. “Kita undang 1200 lebih ketua RT beserta istri, pengurus masjid dan mushola se Balikpapan, Muspida dan masyarakat sekitar BIC. Perkiraan sekitar 5000 orang. Kalau kapasitas sampai halaman muat 17 ribu orang,” terang Jailani.

BIC dibangun dengan anggaran Rp350 miliar oleh BUMN Pembangunan Perumahan.

Baca juga ini :  Kejar Capaian Target Vaksin Jelang Lebaran, Dit Reskrimsus Polda Kaltim Gelar Vaksinasi Malam

Nantinya BIC juga akan dilengkapi fasiltas gedung pertemuan, ruang UMKM, kantor pengelola, dan gedung perpustaakaan dan pendidikan.
 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.