Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Balikpapan Tetap akan Gelar Sekolah Tatap Muka Terbatas Akhir Mei

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan nampaknya tetap akan menggelar pembelajaran tatap muka ditengah pandemi covid-19. Bahkan targetnya akhir Mei 2021 sudah dimulai.

“Rencana kita buka mulai bulan Mei akhir kita mau buka sudah setelah lebaran, nanti kita lihat mana yang bisa,” ujar Wali Kota Rizal Effendi, Selasa (27/04).

Rizal menyatakan, sekolah tatap muka tersebut terbatas, nantinya untuk jenjang SD hanya khusus pelajar kelas 4,5 dan 6. Namun tetap dilihat perkembangan terakhir zonasi covid-19 wilayahnya, yakni hijau dan kuning.

“Kita lihat juga zonasi, kalau orange, merah tentu tidak akan kita buka diwilayah itu, nanti kita lihat perkembangan terkahir,” ujarnya.

Rizal juga tetap akan mempertimbangkan, saran Gubernur Kaltim Isran Noor yang meminta agar benar-benar dipertimbangkan jika ingin menggelar pembelajaran tatap muka. Karena jangan sampai muncul klaster baru

“Jadi gubernur baik saja mengingatkan, kita hati-hati betul, jangan sampai dibuka jadi klaster,” terangnya.

Tentu (ada koordinasi) walaupun provinsi wilayahnya penekanannya pada SMA, SMK. Tapi kita hormati juga usulan,”

Apalagi lanjutnya, hamper setiap hari selalu ada usia anak ataupun guru yang terpapar covud-19. Meskipun tertular dari keluarga, sehingga tetap harus waspada. bukan di kelas (tertular), tapi di keluarga,” ujarnya

“Tapi kan hati-hati. Karena juga setiap pengumuman ini selalu ada pelajar atu guru positif walau pun kenanya bukan di kelas,”

Saran Menteri Pendidikkan dan Kebudayaan Nadiem Makariem juga jadi pertimbangan, yakni bagi sekolah yang gurunya telah divaksin agar menggelar pembelajaran tatap muka terbatas atau 50 persen dari kapasitas kelas.

“Dua-duanya (saran) kita pegang (pertimbangkan) dari gubernur kita pegang, dari Kementerian kita pegang,” ujarnya.

“Mudah-mudahan guru sudah selesai (vaksinasi), kita lihat nanti wilayah mana guryunya sudah vaksin, kita pilah-pilah.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.